Jumat, 30 Agustus 2013

Kemerdekaan Yang Sejati ada di Dalam Tuhan

Bahan Sermon Parhalado HKBP Dukuh Kupang Ressort Surabaya
Rabu , 07 Agustus 2013, Nas : Galatia 5 : 1 – 14   
---------------------------------------------------------------------------------------

”HALUAN NA TUTU IMA DIBAGASAN KRISTUS”

Patujolo
Ia surat  Galatia on ima na sinurathon ni Apostel Paulus, na tinongosna tu Huria Galatia na lagi mengadopi konflik internal.  Marungkil do Apstel Paulus marningot huria i, ala tangkas do diboto apostel Paulus, dimulanai , na porsea do halak Galatia na haporseaon tu Kristus do na tau paluahon nasida. Alai ndung marroan angka halak Yahudi tu Galatia, Lumobi ma muse angka halak Kristen Yahudia na fanatik tu angka aturan Hajahudion. Gabe tubu ma keraguraguan di nasida taringot tu haluaon i. Ai didok angka halak Yahudia do tu nasida, na so singkop dope malua nasida molo holan porsea sambing ingkon unduk do nasida nang tu aturan-aturan habadiaon nang ugamo Yahudi. Ai  naeng do boanon ni Halak Yahudi.angka na porsea i tu Hayahudion. Gabe masa ma parbolatbolatan di huria i, alai deba sian nasida nunga terpengaruh pemahaman ni haYahudion i.
Surat Galatia ditujuhon do laho mangurupi angka na porsea sian haliluonna ala ni angka parpoda haliluon, asa mulak muse nasida manghaporsea i ajaran na sintong i. Dipungka apostel Paulus do suratna i marhite na mandok na apostel ni Kristus i do ibana (on naeng patuduhon legalitasna do songon siboan barita ni Kristus i, ala memang godang do halak na manghasogohon ibana jala berdaya upaya laho manghambat barita nauli na binoanna). Lumobi ma halak Yahudi na dongganna hian hape gabe alona. Tangkas do dipaandar apostel Paulus, ndada tu halak Yahudi ibana ditongos Kristus ialai tu angka halak Non- Yahudia do. Bahkan sahat tu sadarion godang do halak na naeng pasoadahon Apsotel Paulus songon siboan barita na uli taringot tu Kristus. Ai didok angka kelompok penentang Paulus do, ia kekristenan na binoan ni Apostel Paulus ima keKristenan na sesat jala Rekayasa ni jolma.
Paulus memang tidak diteguhkan menjadi rasul oleh rasul-rasul yang lainnay sebagaimana Rasul Matias diteguhkan menggantikan Yudas Iskariot, Paulus juga tidak menjadi murid Yesus ketika Yesus hidup. Bahkan Paulus tidak pernah melihat Yesus dengan mata kepalanya sendiri. Hal inilah yang dipertanyakan oleh orang yang menghasut oleh Paulus. Akan tetapi Alkitab mencatat bahwa Paulus ditangkap oleh Tuhan ketika ia masih bernama Saulus di dalam perjalanan menuju Damaskus, yang membuat ia menjadi sadar bahwa ia telah salah. Ia juga diteguhkan Tuhan sendiri melalui pengalaman spiritualnya, ia menerima penglihatan dan pernyataan dari Tuhan (2 Korintus 12 : 1 – 10) ; Ia juga diterima dan diakui oleh kedua belas rasul lainnya (Galatia 2 : 1 – 10) sebagai orang yang dipilih Tuhan dengan cara yang unik dan diangkat menjadi RasulNya untuk onrang-orang Non Yahudi..

Hatorangan ni Turpuk
Ayat 1 – 4     Dipungka Apostel Paulus do turpuk on taringot tu status Haluaon nasida dibagasan Kristus. Nunga ditobus jala nunga dapotan haluaon nasida sian parhatobanon ni dosa. Nassida nunga gabe orang-orang yang merdeka.  Alai ala ni angka pengaruh ajaran na binoan ni Halak Yahudi, adong ma sian tongatonga nasida na olo  muse mulak unduk tu aturan haYahudiaon jala manghaporseai i na gabe dalan haluaon na sintong. Diahporseai nasida na so singkop molo holan porsea tu Tuhan i, ingkon do unduk tu angka aturan ni patik i. Deba sian aturan i ima, ingkon sunathon do diri. Tangkas do dikritik apostel Paulus na porsea i ala pemahaman nasida na salah. Ai  didok apostel Paulus do  na so adong sada pe sian jolma i na boi mangulahon singkop angka patik i, alani do umbahen na  ringkot haluaon na sian Tuhan marhiteh asi-asiNa. Molo naeng patik i do na diulahon unang ma mardeba-deba, ala molo mardeba-deba do, ndang marguna i jala ndang tuk paluahon, sebalikna gabe patubu daftar angka pelanggaran dohot dosa.

Ayat 5 - 6  , diayat on diulangkon apostel Paulus do , ia haluaonta ima ala ni pasu-pasu ni Debata na nilehonna marhite Kristus Jesus dibagsan haporseaon na pinasupasuhonNa marhite TondiNa, Dibagasan Ibana do hita gabe sintong, ndada ala na mangulahon parsunaton dohot angka aturan haYahudion na marragam i.  Menurut Apostel Paulus, ia hataridaon ni angka na porsea na sintong ndada holan tarida i marhite tampilan parduru alai gumodangan do i sian roha parbagason. Dibagasan Kristus, ndada adong laba ni na marsunat manang so marsunat.  Alai marisuang ma haluaon na binoan ni Kristus i di angka halak na ragu-ragu jala mardua roha, marisuang ma i di angka na mandok ingkon sunathon do diri asa jaloon haluaon dohot pardengganon dohot Debata. Holong dohot Haporseaon na sian Tuhan i  do na paluahon angka na porsea.

Ayat 7 – 12, di angka ayat on, dibangkit apostel paulus do nostalgia haporseaon nasida saleleng on , andorang so dicemari ajaran sesat na binoan ni angka halak Yahudi. Ai “Ragi” do ajaran na binoan ni angka halak Yahudi i tu nasida, na boi manegai roha nasida, alani naeng ma jamot nasida jala unang tariuhut-ihut, unang mura-mura nasida  terpengaruh jala terkontaminasi. Angka halak Yahudi na  mangajarhon poda haliluon i digoari Apostel Paulus  do i sebagai Penghasut manang panggaori, jala ala ni ulaon nasida i,  Debata do muse na manguhum i. Naeng ma nasida dibagasan haporseaon marsiadu hujolo unang be nian mulak-mulak tu pudi, ai i do parsiaduon na denggan. Molo naung porsea nasida na Debata do na mangalehon hasintongan i unang be nasida nian mangasahon pambahenanna (haunduhon di angka patik) molo i do, na marlapatan do i na mengalami kemunduran do nasida disi. Na sintong ingkon lam dihangoluhon nasida ma panobusian dohot haluaon naung pinasupasuhon ni Tuhan i dinasida.

Ayat 13 – 15, di ayat on, sahali nari dipaingot apostel Paulus do nasida, songon naung pinalua ni Kristus i. alani do ndada boa asa dapotan haluaon be na ingkon sipingkiran nasida, alai boa do manghangoluhon haluaon i (jadi bukan persoalan : bagaimana supaya dapat dimerdekakan akan tetapi bagaimana menindaklanjuti (mengisi) kemerdekaan yuang telah dianugerahkan itu). Nunga dipalua hita, alai ndang alani gabe lam marlomo-lomo hita mangula angka ulaonta apalagi ulaon hasibukon. Sebalikna haluaon i naeng ma nian mendorong hita asa lam manghalongi donganta. Tahobasi ma angka donganta na hurangan, tauurupi ma nasida jala tasarihon ma nasida hombar na tuk tarbahen hita. Jala taula ma i saluhutna dibagasan Holong, ala nunga jumolo hita manjalo holong na sian Tuhan i, ndada asa dapotan holong. Alai molo sipata pe adong “angka parsoalan” naeng pintor patupaon pardengganan asa unang sahat tu masilengsean (saling membinasakan).

Aplikasi :
Tung mansai uli do turpuk on , di soarahon di  suasana ”perayaan kemerdekaan” na dipatupa negaranta di ari 17 agustus 2013 on topetma i di ari Sabtu. Songon i do nang disuasana dung perayaan “Hari Kemenangan” ni donganta na marari raya “Idul Ftri”. Ai digoari nasida do i songon Ari Kemenangan, kemenangan dari hawanafsu, kemenangan dari kebutuhan makan dan minum dlsb. Kemenangan-kemenangan nasida i dijalo nasida do atas dasar usaha nasida, ndada songoni haluaon ni angka na porsea tu Kristus. Nasida patupa na denggan, manghorom angka rumar dohot lan na asing asa dapotan haluaon (kemenangan) alai hita angka na porsea, dijou do hita mangulahon na sintong jala tigor, marholong ni roha dohot manghorom ulaon na jat dohot hata na rumar, ndada asa alai ala naung jumolo do hita dipasintong, manang dipatigor Debata
Alani ma songon sada warga negara hita aha do na boi taulahon tu negaranta on laho mangisi kemerdekaan i?
”unang be nian tasungkun aha do naung binahen ni Negara on tu hita alai sebalikna aha do naung tabahen tu negaranta on ?
Songon i do nang taringot tu haporseaonnta. Ndang sungkononta be aha do na ingkon taulahon asa dapotan haluaon i hita, alai naeng do sungkunonta dirinta aha ma na naeng ulahononta songon naung pinaluaNa i hita.
1.   Lam mangodang ma hita di Haporseaonta i, lam tang jala matoras asa unang mura-mura hita dihaliluhon parpoda haliluon.
2.  manatap ma hita tujolo, unang ma sai marnida hupudi, unang sai marningot di angka hahurangan-hahuranganta, alai boa do tu joloan asa rap maju jala berkembang hita.
3.  Kemerdekaan haruslah diisi dengan sikap yang semakin peduli kepada sesama (Galatia 6 : 1 – 15) , peduli kepada kepada kehidupan segala makhluk termasuk hewan dan tumbutumbuhan sehingga tidak muncul sikap yang saling mematikan.
4.  manadinghon ulaon-ulaon haholomon alai sebalikna lam manghangoluhon angka ulaon hasintongan.



Pdt.bernard H. Pasaribu, M.Min








Yesus dan Perempuan Bungkuk di Bait Allah (Lukas 13 : 10 - 17)

Bahan Sermon Parhalado HKBP Dukuh Kupang Ressort Surabaya
Rabu , 15 Agustus 2013, Nas : Lukas 13 : 10 – 17   
---------------------------------------------------------------------------------------

“ YESUS PEDULI AKAN SEGALA SESUATU YANG MEMBUNGKUKKAN KITA”

Pengantar
Kitab Lukas yang ditulis oleh tabib Lukas, rekan sepelayanan Paulus di dalam memberitakan Injil mempunyai kekhususan sendiri dibandingkan dengan kitab-kitab Injil lainnya. Sebagi seorang tabib, Lukas mempunyai ketertarikan khusus terhadap mujizat-mujizat yang dilakukan Yesus di dalam menyembuhkan berbagai-bagai penyakit tarlumobima tu angka penyakit-penyakit menahun yang tidak dapat disembuhkan oleh para medis ataupun tabib pada jaman itu. Terlebih-lebih karena pada jaman itu ada pemahaman yang mengatakan bahwa penyebab orang itu sakit adalah karena dosa-dosa atau pelanggarannya.

Bagi Lukas, hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan (ilmu kesehatan) adalah sesuatu yang sangat  menarik. Lukas menjelaskan dengan sangat panajng lebar tentang bagaimana kehamilan Maria yang masih Perawan, Lukas juga menjelaskan bagaimana Yesus memyembuhkan dengan berbagai media, Lukas juga menjelaskan bagaimana kematian Yesus dibuktikan dengan keluarnya air dan darah, dan itu semua adalah kebenaran di dalam ilmu kedokteran. Salah satu penyembuhan Yesus akan penyakit menahun yang tidak ada di kitab injil lainnya adalah nas kita ini.

Keterangan nas :
Dalam perikop ini kita membaca, Yesus menyembuhkan seorang wanita yang bungkuk oleh roh Iblis selama 18 tahun. Kita bisa membayangkan bagaimana menderitanya perempuan ini, Satu jam saja kita bungkuk badan terasa pegal, apalagi wanita ini bungkuknya sudah 18 tahun. Tetapi menarik sebab wanita ini hadir dalam kebaktian dimana Yesus hadir. Lukas memang tidak menjelaskan apakah wanita ini memang selalu datang atau datang hanya karena ia mendengat bahwa Yesus sedang datang dan akan mengajat di Bait suci itu. Namun yang pasti wanita ini datang ke rumah Allah dan ingin mendengar Tuhan berfirman. Namun kalau kita memperhatikan reaksi awal perempuan ini, kita bisa membuat sebuah kesimpulan kecil bahwa perempuan ini memang rajin datang ke rumah ibadah itu untuk beribadah dan mendengarkan pengajaran akan Firman Tuhan. Bukan karena semata-mata ia mendengar Yesus datang karena ketika ia datang dan mendengar Yesus mengajar ia tidak langsung berseru-seru untuk meminta agar disembuhkan. Namun ia datang dan mendengarkan pengajaran Yesus. Ia mendengarkan Yesus dan percaya kepadaNya.

Ada beberapa penyebab orang menjadi bungkuk :
Pertama, karena sakit/penyakit. Orang tua biasanya bungkuk karena osteoporosis. Tulang belakang keropos dan tidak mampu menahan tubuhnya. Sebagian lagi karena penyakit kanker menyerang tulang belakangnya sehingga tubuhnya bungkuk, dlsb.
Kedua, orang bisa menjadi bungkuk karena terbiasa dengan sikap tubuhnya yang tidak baik ketika masih anak-anak sehingga ketika dewasa menyebabkan tubuhnya menjadi bungkuk. Karena ketika kecil terbiasa memundak sesuatu (beban-benan yang sangat berat ) yang membuat badannya menjadi bungkuk.
Ketiga, bungkuk dalam arti metafora  karena beban hidup. Masalah yang terlalu berat dalam keluarga atau dalam pekerjaan bisa mengakibatkan hidup terasa sakit bungkuk.
Keempat, bungkuk karena kesibukan atau bisnis. Orang banyak mengejar jabatan dan untung, tetapi setelah mendapat yang diinginkannya menjadi jarang bertemu dengan keluarga. Hari-harinya penuh dengan kesibukan, untuk karir, untuk mencari uang. Kesibukannya menyebabkan dia bungkuk.
Kelima, bungkuk karena dirasuk Iblis, seperti wanita dalam perikop di atas. Ada roh jahat masuk ke dalam tubuhnya, menjadi penyakit, merusakkan organ-organ tertentu dalam tubuhnya sehingga bungkuk.

Mata orang yang bungkuk biasanya lebih banyak mengarah ke tanah. Ia hanya bisa memandanh ke bawah dan kesamping, dan sangat sulit memandang kedepan apalagi ke atas.
Orang Kristen yang bungkuk rohani lebih banyak melihat ke dunia dan jarang melihat ke surga. Jadi, bisa saja kita tidak bungkuk secara fisik tetapi mungkin bungkuk secara rohani, artinya lebih banyak memikirkan perkara dan kekuatiran dunia.

Yesus sangat peduli kepada orang bungkuk :
1.   Yesus melihat. Lukas 13: 12 – “....Yesus melihat perempuan itu..” Yesus melihat dan mengetahui keadaan kita. Waktu kita menderita, Yesus tahu penderitaan kita. Namun wanita itu dilihat Yesus karena ia hadir dalam ibadah. Mata Tuhan selalu tertuju kepada orang yang selalu mencari Tuhan. Oleh karena itu, kalau kita sedang mengalami percobaan atau kesulitan hiduo, banyaklah kita  beribadah dan berdoa. Sebab Yesus melihat hati yang mencari Tuhan.

2.  
Yesus memanggil dan menyatakan kesembuhan. Ayat 12 – “Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh." Kalau Yesus memanggil, maka Tuhan memberikan Firman. Firman Tuhan selalu menyembuhkan, menyelamatkan dan memulihkan. Tuhan selalu membangkitkan semangat dan gairah hidup kita. Karena itu kita perlu selalu mendengar suara Tuhan. Setiap Firman Tuhan adalah pesan Tuhan yang spesial bagi hidup kita.

3.  Yesus menjamah. Ayat 13 “Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu”. Banyak cara Yesus menyembuhkan orang banyak. Tetapi yang lebih banyak dilakukan adalah dengan  meletakkan tanganNya pada orang sakit. Kita selalu ingin dijamah dan ditolong Tuhan. Setiap waktu kita membutuhkan jamahan Tuhan, untuk menolong dan menguatkan kita. Tuhan tahu wanita itu menderita selama 18 tahun dan saat itu adalah waktunya Tuhan menjamah dan menyembuhkannnya.

4.   Yesus menyembuhkan/memulihkan. Ayat 13 – “immediately she was made straight”, artinya setelah dijamah, tubuhnya segera menjadi tegak kembali. Setelah 18 tahun bungkuk, waktu Tuhan jamah, tubuhnya menjadi tegak lurus. Ini mujizat Tuhan. Kita perlu mujizat Tuhan setiap hari. Mujizat bukan hanya waktu sakit keras atau masalah berat, tetapi setiap hari. Karena itu setiap hari, setiap pagi, minta belas kasihan dan mujizat Tuhan terjadi dalam hidup kita.

Ketika perempuan itu sembuh, ia memuliakan Allah. Segala pertolongan Tuhan yang kita terima harus disambut dengan kemuliaan bagi Tuhan.
Orang-orang Farisi yang melihat mujizat kesembuhan itu protes. Pertanyaan mereka : kenapa perempuan itu disembuhkan, bahkan tepat pada hari Sabat?
Namun, Yesus menjawabnya dengan menyatakan mengapa Ia peduli dan mau menyembuhkan wanita bungkuk itu.
Lukas 13:16 – “Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?"
Yesus peduli kepada wanita itu sebab ia adalah keturunan Abraham. Galatia 3:8-9. Keturunan Abraham adalah keturunan yang diberkati Tuhan. Tetapi bukan karena kita orang Israel tetapi karena kita orang percaya. Abraham adalah bapa segala orang percaya. Karena kita adalah keturunan atau anak-anak Abraham maka kita berhak menerima berkat janji-janji Tuhan kepada Abraham, yaitu janji berkat, janji keselamatan, janji kemakmuran, janji kesembuhan, dll.
Siapa lagi yang disebut keturunan Abraham? Galatia 3:29. Kalau kita milik Kristus, percaya kepada Kristus, maka kita juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Tuhan. Kita berhak menerima berkat keberhasilan di sekolah, di pekerjaan, di bisnis, dan juga dalam keluarga. Jadi tidak salah kalau kita hidup penuh berkat di dunia ini. Di bumi ini kita menerima berkat sama seperti Abraham diberkati luar biasa dalam hidupnya.
Pengkhotbah 9:9. Nikmatilah hidup di dunia ini bersama Tuhan. Banyak orang menerima banyak berkat tetapi tidak dinikmati.
Orangyang memberikan waktunya untuk bersekutu dengan Tuhan, dengar-dengaran akan Firman Tuhan pasti akan merasakan jamahan Tangan Tuhan yang akan menyembuhkan dan memulihkannya. Jangan habiskan waktu hanya untuk bekerja dan mengumpulkan. Tetapi pakailah juga waktu untuk bersekutu dan bersukacita bersama Tuhan.  Hidup ini harus dinikmati. Jangan kecilkan berkat Tuhan dengan gaya hidup miskin.
Mungkin hari-hari ini kita bungkuk karena kesibukan, karena penyakit, karena percobaan berat, tetapi hari ini kita diingatkan Tuhan untuk tetap setia datang dan mendengarkan Firman Tuhan, Tuhan akan melihat dan memanggil kita datang kepadaNya, ia akan menjamah hidup kita sehingga kita bisa kembali berbahagia dan tegak kembali. Amin. Tuhan memberkati!








Allah Yang Tidak Dikenal (Kisah Para Rasul 17 : 16 - 34)

Bahan Sermon Parhalado HKBP Dukuh Kupang Ressort Surabaya
Rabu , 23  Agustus 2013, Nas : Kisah Oaras Rasul 17 :  22 – 28     
---------------------------------------------------------------------------------------

“TU DEBATA NA SO TINANDA”
(Ulaon NI Apostel 17:16-34)

 PATUJOLO
            Paulus ima sada sian angka Apostel ni Kristus na mansai berpengaruh di Padan Na Imbaru lumobi di perkembangan dan pertumbuhan ni huria na parjolo. Sebagian besar angka surat tongosan na adong di Padan na Imbaru I ima surat na sian Apostel Paulus. Wajar do I tutu, molo taida latar belakang ni Apostel i.  Sada halak na pistar do Ibana jala berpendidikan, dididik do ibana di sada parsikkolaan na di Tarsus  sian tano kilikia dibawah pengasuhan dan ajaran sian sada Guru Besar  (sian golongan Sanhenddrin) na margoar Gamaliel. Borhat sian pendidikan dohot pengalamanna i do tutu umbahen na songoni “luar biasa” apostel i di tingki na mamaritahon barita nauli i. Diantusi ibana do boa cara-car mengkontektuaisasihon barita nauli tu jaman dohot budaya ni  pendengar.

LATAR BELAKANG KEHIDUPAN MASYARAKAT ATENA
            Atena ima sada huta naung tarbarita sian mulana.  Digoari do huta on songon  tu huta ni angka filsuf. isarana Sokrates, Plato, Aristoteles, Zeno, Phytagoras, Heraklitos, Permanindes, Thales,  dohot angka na asing dope. Sehingga tidak salah jika ada yang memberi komentar atau gambaran mengenai kota Atena yaitu sebagai “a great univer-sity city.” Selain terkenal sebagai kota cendikiawan, Atena juga terkenal sebagai rahim tempat lahirnya sebuah sistem yang sangat terkenal dan dipakai oleh banyak negara dalam pemerintahannya sampai sekarang, yaitu demokrasi. Kemajuan berpikir membuat mereka berkeyakinan bahwa semua orang punya pemikiran. Setiap orang berhak mengutarakan pemikiran itu dan setiap orang berhak juga untuk mendengarkannya. Di masa ni Apostel Paulus, huta Atena ima sada bagian na masuk tu imperium Romawi na ditakluhon nasid di taon 146 sM, alani do tong pengaruh romawi tung mansai kental di di huta on.
Hal na menarik na boi jumpang di tingki I pe sian huta Atena on ima songon naung pinaandar ni Apostel Paulus “kota itu penuh dengan patung-patung berhala” (Kis 17:16). Sada indikasi do on na patuduhon ia masyarakat manang penduduk kota Atena ima masyarakat na memiliki tingkat spiritualitas dohot hidup kerohanian na timbo. Pemujaan na pinatupa nasida tu godang dewa-dewa ima sada gombaran pengakuan dohot ketakutan nasida tu ragam ni hagogogon na diluar nasida. Dipatupa nasida langgatan pameleon tu saluhut angka dewa-dewa songoni nang tu “Dewa na so tinanda” (ai tagamon nasida do adong Debata tutu (manang na ise pe i) na so tinanda nasido). Manghirim nasida di pasu-pasu ni angka dewa jala manghirim nasida angka dewa-dewa I paholang nasida sian ragam nib ala dohot bencana.

TU DEBATA NA SO TINANDA
            Kisah Apostel Paulus di huta Atena ima sada kisah na sinurat ni si Lukas na martudu-tudu tu pardalanan na paduahalion ni apostel marbaritahon barita nauli. Ia haroroni ni Apostel i di huta Atena ima ala pangaleleon na binahen ni halak Yahudi  tu tim misi ni Apostel i di huta Tesalonika. Dibaritahon apostel i do barita naulis di Tesalonika, goang do halak na porsea jala mangihuthon “Dalan ni Tuhan” alai sebalikna sogo ma roha ni angka halak Yahudi. Dilele nasida ma si Paulus, dungi bingkas ma si Paulus tu Berea. Di Berea pe adong do na porsea di barita nauli na binoan ni Apostel i dohot angka dongannna si Silas dohot si Timotius. Alai sahat do tong barita i tu angka halak Yahudi na di Tesalonika pola do ro nasida mangalele  apostel i sahat tu Berea. Alai ala dibege Apostel i naung ro angka halak Yahudi i tu Berea laho manangkup laos mamunu ibana, hombar tu  angka saran ni dongganna, bingkas ma ibana muse tu Atena, disi ma Ibana paimahon si Silas dohot si Timotius na manguduti panghobasion marbarita nauli di Berea.

Alkitab mencatat, “Sementara Paulus menantikan mereka di Atena…” (ay. 16a), “mereka” dalam ayat ini mengacu kepada Silas dan Timotius. 
Dalam penantiannya, Paulus melihat bahwa kota Atena dipenuhi dengan patung-patung berhala. On ma na mambahen targitik rohana marhida huta i,  (“he was greatly distressed ” Terjemahan bebasnya adalah “dia mengalami kesusahan atau kesedihan yang sangat mendalam.) Boi dohonon do ia kesedihan na nialamanna ima kesedihan na borhat sian dorongan na positip asi rohana marnida bangso i (halak Atena i) ala ”lilu nasida” manomba godang gana-ganaan, kesedihan na mendorong (disertai hasrat na membara) naeng segera mambaritahon barita haluaon i tu halak Atena.

Songon naung dihasomalhon ibana (laos sada strategi penginjilanna) ima manang tu dia pe ibana mamungka penginjilan, na parjolo na didapothon ibana ima ”parpunguan/parguruan halak Yahudi” songoni do nang di Atena. alai ndada holan i na didapothon ibana, khusus di Atena laho do Ibana tu onan (pasar) ima sada inganan parpunguan ni torop halak laho patupa angka diskusi, pasahat angka hata manang barita na boi diperdebathon. Onan dison ima Agora ( inganan ni angka cerdik cendekiawan laho patoranghon pemahaman ’filosofisna” tu sada-sada hal na imbaru, manang paandarhon ”teori-teori” na baru la layak ditangihon jala dibegehon tu  torop halak. (Sada inganan na gabe wadah argumentasi dan debat para filsuf-silsu dan kaum cerdik cendekiawan).

            Alkitab mencatat bahwa orang-orang yang sering berkumpul disana adalah orang-orang yang berasal dari golongan Epikuros dan Stoa. Orang-orang dari golongan inilah yang sering bertanya jawab dengan Paulus (ay. 18). Mereka menyebut Paulus dengan sebutan ‘si peleter” (sijubajabi). Perlu dipahami bahwa sebutan ini adalah sebuah ejekan mereka terhadap Paulus karena “peleter” berarti orang yang berlagak tahu. Mereka mengatakan bahwa Paulus adalah orang yang meng-ajarkan dewa-dewa asing sebab Paulus mengajarkan tentang Injil Kristus.

Kelompok Epikuros, ima sada kelompok na pinajongjong ni  sahalak na margoar Epikurus na tubu di Samos (341-271 SM). Sahalak filsuf na mangajarhon taringot tu Etika laho mambahen asa dapotan ngolu na sonang. Inti ajaran filososfi ni kelompok epikurus on ima pernyataan na mandok  “ndang adong sian na adong I na ro sian na so adong jala ndang adong sian naung adong I na gabe so adong muse” (“tidak ada sesu-atu pun yang ada yang ditimbulkan oleh sesuatu yang tidak ada dan tidak ada sesuatu yang ada yang kemudian musnah menjadi tidak ada.” ) implikasi haporseaon ni kelompok on ima pemahaman na so manghaporseai na dong do hangoluan dung hamatean. Na so manghaporseai penghakiman akhir. Ai didok nasida do molo naung mate jolma I, ndang aeon ni jolma I be manang aha, nang las ni roha nang panguhuman. Alani do tujuan ni ngolu ima Hedone : ima kondisi dimana ter-cipta harmoni antara tubuh dan jiwa, dimana batin tenang dan tubuh sehat. Hal ini hanya bisa tercapai jika keinginan dipuaskan, sehingga keinginan akan menjadi semakin sedikit dan menuju ketiadaan keingian. Epikurus menambahkan bahwa semakin sedikit keinginan maka akan semakin besar kebahagiaan. Karena kinginannya semua tercapai. Hidup adalah kenikmatan.

Kelompok Stoa,   Didirikan oleh Zeno dari Citium di Siprus (336-264 SM). Ia mengajar di gang di antara tiang-tiang (yun. stoa poikilia) dan dari sinilah asal kata nama golongannya yaitu golongan Stoa.   Pandangannya sangat materialistis, sehingga dia menolak segala sesuatu yang imaterial, yaitu menganggap yang imaterial itu tidak ada. Zeno percaya akan adanya Tuhan, namun dia mengatakan bahwa Tuhan itu adalah bersifat materi. Zeno mengatakan bahwa Tuhan adalah pen-cipta dari alam semesta. Seiring waktu Dia akan terkorupsi dan kondisi ini menyebabkan Dia sudah tidak menjadi Tuhan lagi. Kekuatannya yang besar terserap dalam segalanya. Sehingga, Allah yang material itu identik dengan alam.Menurut Zeno, dunia ini dikuasi oleh logos yaitu akal dan rasio ilahi. Dalam logos inilah terdapat tata tertib dunia, mengatur segala sesuatu pada tujuan, dan segalanya takluk pada hukum logos.    Jiwa adalah sesuatu yang bersifat materi juga bagi Zeno. Inilah yang mendasari dia deng-an mengatakan bahwa jiwa adalah pusat dari tubuh manusia. Jika jiwa mati, maka jiwa akan larut ke dalam jiwa semesta.

Marhite pemaparan ajaran i tangkas ma tutu na sso dihaporseai kelompok filsuf na dua (kelompk filsuf na paling terkenal di tingki i) ima pengajaran taringot tu kehidupan setelah kematian, pengajaran tentang adanya kebangkitan setelah kematian, dan adanya penghakiman setelah kematian.    

Kegiatan tukar pikiran yang sering dilakukan Paulus di agora ternyata membawa dampak dalam kehidupan masyakrat Atena ketika itu. Hal ini terlihat ketika Paulus akhirnya diundang ke Areopagus untuk mempresentasikan pemikiran atau Injil yang disampaikannya (ay. 19). Aeropa-gus adalah sebuah tempat yang disiapkan khusus untuk membicarakan hal-hal penting yang ber-kenaan dengan topik-topik seperti ilmu politik, masalah-masalah sosial, kebudayaan, filsafat,dsb. Tertarik nasida laho pabagashon imformasi na imbaru na binoan ni Apostel Paulus on patuduhon gombaran ni masyarakat Atena na selalu haus akan pengetahuan yang baru. Orang-orang di Atena memang senang dan menghabiskan banyak waktu untuk mende-ngar segala jenis pengajaran yang baru (ay. 20-21). Mereka rela meninggalkan pekerjaan sehari-hari demi mendengar orang memperdebatkan hal-hal baru mengenai filsafat atau ajaran agama tetentu. Konon katanya, dikarenakan “hobi” mereka yang satu ini, pemerintah yang berkuasa atas mereka mengalami kesulitan karena semua kegiatan harus diliburkan jika ada perdebatan di Ar-eopagus, sehingga hal ini membawa dampak pada sektor ekonomi dan tentunya akan merembes pada sektor-sektor yang lain.


Kis 17:23-31 bercerita tentang apologetika Paulus kepada orang-orang di Atena. Dia me-mulai dengan menyanjung orang-orang Atena sebagai orang-orang yang religius (ay. 22). Strategi Paulus berikutnya adalah dia menggunakan salah satu patung atau altar yang terdapat di Atena yang di atasnya bertuliskan “kepada Allah yang tidak dikenal” (ay. 23). Don Richardson me-maparkan penjelasan yang menarik tentang kisah dibalik altar “kepada Allah yang tidak dikenal” ini. Konon katanya dalam peradaban Atena kuno, pernah terjadi wabah penyakit yang sangat dahsyat. Dalam kepercayaan mitologi Atena kuno, ini merupakan sebuah pertanda bahwa para dewa di khayangan sedang marah karena manusia lalai dalam memberi persembahan. Namun mereka sama sekali tidak tahu dewa mana yang sedang marah kepada mereka, sehingga mereka memutuskan untuk memberi persembahan kepada semua dewa yang ada di Atena ketika itu. Se-telah memberikan persembahan, justru yang terjadi adalah yang sebaliknya, wabah penyakit sama sekali tidak berhenti. Hal ini membuat mereka bertanya-tanya, “Dewa mana lagi yang be-lum diberikan persembahan?” Hal ini membuat mereka bertanya kepada peramal (oracle), na-mun tidak satu pun yang tau penyebabnya. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bertanya kepada peramal lain yang berada di Knossos, bernama Epimenides. Ketika mereka menanyakan hal ini kepadanya, Epimenides menjawab,” …..a god whose name is unknown to us…. Keesokan paginya, Epimenides memerintahkan agar disediakan domba untuk dipersembahankan kepada Allah yang tidak dikenal itu. Singkat cerita, wabah itu pun berhenti. Altar itu diberi nama sebutan γνώστ θε sampai ketika paulus datang ke Atena.
            Paulus menggunakan ketidakmampuan orang-orang di Atena untuk mengenal Allah se-bagai jembatan untuk memperkenalkan Allah yang sejati kepada mereka. Paulus setidaknya memberikan empat argumentasi tentang Allah:
»         Allah sebagai pencipta (ay. 24).
»         Allah yang tidak kekurangan apa-apa, sehingga tidak perlu dilayani manusia. (ay. 25).
»         Allah yang dekat dan sebagai penyebab kehidupan (ay. 27-28).
»         Allah bukan materi (ay. 29).
Terlihat jelas gaya Paulus dalam menyebarkan ajarannya sangatlah berbeda jika dia mengajar pada sebuah komunitas yang memiliki latar belakang Yahudi atau torah. Orang Atena sama se-kali tidak memiliki latar belakang ini, sehingga pendekatan yang dilakukan Paulus adalah dengan mengadopsi gaya pemikiran mereka sendiri, yaitu dengan mengutip pandangan mereka tentang yang ilahi (lih. ay. 24-29), yaitu sebagai pencipta dan pemelihara. Untuk menjelaskan ini Paulus mengutip langsung pujangga Yunani yaitu Epimenides dan Aratus yang mengatakan, “Ia tidak jauh dari kita masing-masing.” Paulus menggunakan pendekatannya dengan menggunakan pendekatan commond ground sebagai jembatan agar orang Atena paham dengan apa yang akan dipaparkan oleh Paulus berikutnya. Sampai disini pemberitaan Paulus menjadi sangat menarik.
Namun ketika ia kemudian berbicara tentang Yesus yang mati dan dibangkitkan dari kematian, ketika Paulus mengajarkan ada ada kehidupan setelah kematian dan ada penghakiman setelah kematian. Dua pokok pikiran ini sa-ngat bertentangan dengan konsep pemikiran kaum Epikurus dan Stoa yang sama-sama tidak mempercayai hal itu, yakni adanya kehidupan setelah kematian. Inilah yang membuat orang-orang di Atena memberikan respon negatif (mengejek) terhadap ajaran Paulus dengan meng-atakan, “Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu.” (ay. 32). Hanya sedikit orang yang mau percaya kepada ajaran Paulus yaitu Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan me-reka (ay. 33).

APLIKASI DAN PESAN PAULUS BAGI PEMBACA MASA KINI
            Dari kisah perjalan misi kedua Paulus di Atena, yaitu ke kota para intelektual, dimana dia berjuang untuk memberitakan Injil Kristus kepada orang di sana, ada tiga hal yang bisa dipelajari dari teladan Paulus yang bisa diaplikasikan, khususnya bagi playanan kita masa kini dan kehidupan jemaat masa kini.
1.      Senantiasa Beritakan Injil
Paulus tidak pernah berhenti untuk memberitakan Injil walaupun dia sedang dalam pelarian karena dikejar-kejar. Dia memang tidak menantang bahaya karena ia tidak mau mati sia-sia, ia menghindar namun tidak untuk bersembunyi dan berhenti. Ia menghindar dan pergi meninggalkan Tesalonika karena waktunya di tesalonika adalah akan sia-sia dan terbuang sementara jiwanya terancam. Ia pergi ke Berea lalu ke Atena disitu ia bisa berguna dan tetap memberitakan injil Kristus.

2.      Strategi Penginjilan
Kita harus mempunyai startegi di dalam penginjilan. Strategi itu tidak hanya satu dan sering tergantung situasi dan kondisi lingkungan atau masyarakat setempat. Oleh karena itu kita memang harus menjadi orang yang bijaksana dan fleksibel di dalam prinsip (tidak kaku)namun tidak boleh kompormi ke pada ketidak benaran.
            Dari teladan Paulus, bisa dipelajari bahwa strategi penginjilan bukanlah sebuah strategi yang kaku, yang harus terpaku dalam sebuah cara, atau sebah cara baku yang diseragamkan, se-perti yang banyak diajarkan dalam pelatihan-pelatihan penginjilan yaitu penginjilan selalu dimu-lai dengan sebuah pertanyaan, “Kemana Anda setelah mati?” Paulus dengan lihai menggunakan cara yang sangat kontekstual dan yang mudah dimengerti dalam konteks pendengarnya. Sebagai pemberita Injil harus jeli dalam melihat strategi-strategi tertentu yang bisa diterapkan agar pesan itu mudah dicerna dan dimengerti oleh pendengarnya, harus kreatif, inovatif, dan mampu melihat dari banyak perspektif.





Yesus dan Perempuan Samaria

Bahan Sermon Parhalado HKBP Dukuh Kupang Ressort Surabaya
Jumat , 30  Agustus 2013,  Nas : Yohanes 4 :  31 - 42    
---------------------------------------------------------------------------------------
” YESUS DAN KESELAMATAN UNTUK ORANG-ORANG SAMARIA”

Pendahuluan
Buku The Purpose Driven Life karya Rick Warren merupakan salah satu buku terlaris menurut New York Times dan Wall Street Journal sejak diluncurkan tahun 2002. Apakah kelebihan dari karya seorang hamba Tuhan yang dipanggil untuk melayani di Saddleback –Amerika Serikat bahkan seluruh dunia ini?
Tujuan yang menjadikannya berbeda. Rick Warren berkata, “Tujuan hidup kita jauh lebih besar daripada prestasi pribadi, ketenangan pikiran, bahkan kebahagiaan kita. Allah rindu agar kita menemukan kehidupan yang Allah ciptakan untuk kita jalani di bumi ini dan selamanya dalam kekekalan.” Dia adalah orang yang telah menemukan tujuan ilahi bagi dirinya dan mengedepankan tujuan tersebut lebih dari segalanya. Bagaimana dengan kita?
            Dalam kehidupan kita, penemuan besar atau kecil, keberhasilan usaha maupun pelayanan diawali dengan membayangkan sebelum menjadi kenyataan. Bulan mengitari bumi dan bumi mengitari matahari bukan karena penemuan tidak sengaja, melainkan karena para ilmuwan menetapkan untuk “menaklukkan ruang angkasa” sebagai tujuan. Tujuan merupakan sasaran yang lebih dari sekadar mimpi. Ia adalah mimpi yang ditindaklanjuti, telah ditetapkan bahwa inilah yang hendak saya lakukan, tidak bercabang karena arah sudah jelas.
           Kita harus menyadari bahwa sesuatu tidak akan terjadi, langkah maju tidak akan diambil sampai sebuah tujuan ditentukan. Tanpa tujuan, kita akan mengembara dalam hidup, tidak pernah mengetahui akan kemana dan tidak pernah sampai di mana pun. Dengan tujuan yang jelas, kita akan memprioritaskan pencapaian tujuan untuk meraih keberhasilan. Tujuan penting bagi keberhasilan, seperti udara bagi kehidupan. Tidak seorangpun pernah mencapai sukses tanpa sebuah tujuan. Tidak ada orang yang hidup tanpa udara. Karena itu kita perlu memperjelas kemana kita ingin pergi dan bagaimana mencapainya.

Keterangan Nas dan Aplikasi
            Alkitab mencatat bahwa Yesus harus (Bhs.Yun. edei) melintasi daerah Samaria (Yoh 4:4). Kata kerja edei dari kata dasar deo menunjukkan bahwa perjalanan Yesus itu penting. Meskipun orang Yahudi dapat mengelak melalui tanah Samaria karena latar belakang historis, namun Yesus memilih melalui jalan tersebut. Peristiwa kehancuran Samaria tahun 722 sM yang disertai pemindahan penduduk Yahudi ke negeri-negeri lain dimana negeri mereka sendiri dihuni orang-orang buangan dari wilayah kekaisaran Asyur zaman Sargon, memang memiliki nilai politik, sosial-budaya, dan agama. Orang-orang Yahudi yang kembali dari pembuangan Babel merasa bahwa mereka yang tinggal di Samaria bersama dengan orang-orang buangan lainnya sejak kerajaan Asyur berkuasa, tidaklah murni lagi. Percampuran budaya, sosial-ekonomi pada waktu itu, sekalipun berlatar belakang politik namun tidak bisa tidak akan mengikis keyakinan mereka akan Yahweh. Orang-orang Yahudi percaya bahwa hidup yang tidak kudus dengan tidak mentaati hukum Taurat akan mendatangkan murka Tuhan sebaliknya berkat akan diterima bila taat secara ketat.
Baik orang-orang Samaria maupun orang Yahudi yang menganggap diri benar dengan ritualitas agamawi, dinyatakan Yesus bersalah. “Saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem” (Yoh 4:21). Penyembah yang benar lahir dari batin yang diperbarui melalui perjumpaan pribadi dengan Yesus, Sang Juruselamat. Tanpa Yesus tidak seorang pun berjumpa Bapa dan dapat menyembah Dia secara benar. Yesus tahu bahwa hanya melalui diri-Nya keselamatan telah tiba dan hadir dihadapan perempuan Samaria dan mereka yang percaya (Yoh 4:23).
Yesus memiliki tujuan hidup yang jelas dan mengedepankan pencapaian tujuan. Ia harus melintasi daerah Samaria karena ia tahu bahwa tujuan hidup-Nya adalah melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikannya (Yoh 4:34). Bapa mau melalui Anak-Nya keselamatan dinyatakan pada orang-orang Samaria dan dunia pada umumnya (Yoh 4:41-42).  Segala daya dan upaya diarahkan Yesus demi melayani perempuan Samaria dan orang-orang Samaria lainnya. Ia bukan hanya melalui pemukiman mereka, tetapi mau tinggal diantara mereka selama dua hari (Yoh 4:40). Ia adalah Firman yang menjadi manusia dan diam di antara kita (Yoh 1:14). Demi penyelesaian pekerjaan Bapa ia rela tinggal di dalam dunia supaya dunia diselamatkan melalui Dia.

Pandangan Yesus yang jauh ke depan saat melihat ladang-ladang yang sudah menguning lagi matang untuk dituai (Yoh 4:35), membuat Dia bergairah untuk melayani dan memprioritaskannya disamping kebutuhan lahiriah (Yoh 4:31-34). Sebagai orang yang dipanggil untuk menjadi pengikut-Nya, seharusnya kita memiliki cara pandang yang sama dan memprioritaskan apa yang dianggap utama oleh Yesus. Mari kita menanggalkan semua yang merintangi kita demi pencapaian tujuan ilahi. Prioritas hidup kita adalah melayani Tuhan dengan memperhatikan kebutuhan sesama akan keselamatan

Kisah percakapan Tuhan Yesus dengan perempuan Samaria di kota Sikhar ,merupakan suatu percakapan yang sangat menarik sekali. Mengapa ?
Karena :  • di dalam percakapan Tuhan Yesus itu terkandung suatu pelajaran yang luar biasa untuk umat Tuhan jaman sekarang;  • dan apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus menjadi suatu teladan yang harus orang – orang Kristen lakukan di sepanjang jaman.
Hari itu, Tuhan Yesus memperhadapkan sebuah realita kepada para murid : “Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai”

Dan hari ini ……………kita juga diperhadapkan dengan sebuah realita, bahwa banyak orang yang ada disekitar kita yang belum diselamatkan; belum percaya Yesus, mereka menuju kepada kebinasaan, ……seperti domba yang tidak bergembala…..dan mereka seperti ladang yang telah menguning dan siap untuk dituai. ketika kita diperhadapkan dengan hal seperti ini bagaimana sikap kita? Apakah kita diam, acuh tak acuh, cuek, masa bodoh…….Apakah kita berkata :”itu bukan tugas saya…….itu bukan kewajiban saya ……………….dan lain sebagainya.

Ada tiga hal penting yang harus orang Kristen lakukan :
I. Melakukan apa yang Tuhan Yesus lakukan
Dalam kisah ini, diceritakan …..bahwa Tuhan Yesus akan meninggalkan Yudea dan kembali lagi ke Galilea. Dan dalam perjalanan dari Yudea ke Galilea tersebut, Tuhan Yesus harus melintasi daerah Samaria.Melintasi Samaria sesungguhnya bukanlah  jalan satu – satunya menuju Galilea, ada jalan lain. Banyak orang Yahudi yang kalau mau ke Galilea mereka turun ke lembah sungai Yordan , lalu belok ke arah utara, sehingga mereka tidak harus menginjak tanah daerah Samaria. Dan Yesus bisa melewati jalan itu, tetapi Yesus memilih untuk melintasi daerah Samaria,Yesus tidak menghindari orang Samaria sebab Ia memiliki tujuan khusus terhadap orang Samaria.
 
Sejarah mencatat bahwa antara orang Yahudi dengan orang Samaria terjadi suatu permusuhan. Bahkan ada sebuah buku yang menjelaskan bahwa orang yahudi tidak mau bergaul ataupun bertegur sapa dengan orang Samaria demikian pula sebaliknya, orang Samaria tidak mau bergaul dan bertegur sapa dengan orang Yahudi.Bahkan orang Yahudi tidak mau memakai bekas mangkok orang samaria, demikian pula sebaliknya.. bahkan orang Yahudi merasa diri lebih baik daripada orang Samaria.

Ada banyak perbedaan diantara kedua suku bangsa ini.  Orang Samaria : • Mereka berbakti kepada Tuhan, tetapi juga beribadah kepada allah – allah lain . • Orang Samaria hanya menerima kelima Kitab Musa sebagai Firman Allah  • Mereka tidak mau bergabung dengan orang Yahudi dan berbakti di Bait Allah di Yerusalem. • Pada tahun 400 SM, mereka membangun tempat ibadah di gunung Gerizim, yang kemudian di baker oleh orang Yahudi pada tahun 128 SM. Pada umumnya orang Samaria dan orang Yahudi saling curiga dan saling membenci.

Walaupun demikian, Yesus tetap melintasi Samaria, bahkan Yesus berbicara dengan seorang Samaria ini mengherankan, Sehingga perjalanan Tuhan Yesus dari Yudea ke Galilea melalui Samaria menjadi bukti bahwa Yesus menolak rasisme dan Yesus menolak kebencian.

Demikian juga seharusnya setiap orang Kristen. Kita harus menolak rasisme, dan juga menolak kebencian. Orang Kristen harus berani bertindak seperti Tuhan Yesus, yang mendobrak rasisme dan menghilangkan kebencian.

II. Melihat seperti Tuhan Yesus melihat
Ketika Tuhan Yesus sampai di Samaria, lebih tepatnya di kota Sikhar…..dimana di sana ada sebuah sumur yang dalamnya kurang lebih 30 meter. Dan Yesus dalam keadaan yang letih sebab perjalanan yang cukup jauh. Yesus terduduk di pinggir sumur itu, sementara para murid pergi untuk membeli makanan dan datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Alkitab menuliskan….bahwa terjadi dialog antara Tuhan Yesus dengan perempuan Samaria.Dan pada akhirnya perempuan Samaria inipun percaya Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Bahkan …perempuan Samaria ini pergi ke kota dan memberitahukan kepada orang lain bahwa ia telah bertemu dengan Mesias, sehingga banyak orang Samaria yang meninggalkan kota dan kemudian datang bertemu dengan Tuhan Yesus. Ini sungguh suatu kejadian yang sangat luar biasa. Mengapa ?
Sebab... ditengah – tengah perseteruan antara orang Yahudi dan orang Samaria, Yesus yang notabene adalah seorang Yahudi, Ia mampu melakukan suatu yang sangat luar biasa…Ia MELIHAT orang Samaria bukan sebagai bangsa yang harus mereka jauhi (singkirkan) bukan sebagai bangsa yang harus dibenci dan dikucilkan…TIDAK. TETAPI Yesus melihat orang – orang Samaria seperti ladang yang siap untuk dituai…bagaikan padi yang siap untuk dipanen. Di mata Tuhan Yesus…orang – orang Samaria adalah jiwa – jiwa yang haus akan Injil dan berita keselamatan.
Namun para murid justru memiliki pandangan yang berbeda. Para murid melihat “Samaria” belum siap bahkan cenderung diam. Tetapi bagi Yesus…”Samaria” dipenuhi dengan jiwa – jiwa yang siap untuk dituai.
Jikalau saat itu Tuhan berkata kepada para murid : “Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang – ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai”.  Hari inipun Tuhan berkata hal yang sama :
“Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah orang – orang yang ada disekitarmu, di tempat kerjamu, di pabrikmu, di tokomu…mereka seperti padi yang sudah menguning dan siap untuk dituai”.

Bukan hanya untuk dilihat dan dipandang kemudian dilupakan begitu saja…TETAPI Tuhan menginginkan kerelaan kita untuk menjadi penuai…Bukan ladangnya yang tidak siap untuk dituai, melainkan penuainya belum siap bekerja”.

Apa yang dilakukan oleh perempuan Samaria, patut kita tiru.  Setelah ia bertemu dengan Yesus, menerima Yesus sebagai Juruselamat, ia lari pergi ke kota, ia tidak menyimpan berita itu sendiri,tetapi ia menceritakan semua yang ia lihat, alami dan rasakan saat bertemu dengan Yesus di tepi sumur di Sikhar. Sebab perempuan ini menyadari bahwa ada banyak orang Samaria yang membutuhkan berita seperti yang telah ia dengar dari Yesus.

Itu artinya Perempuan ini sedang bersaksi…kepada orang lain. Ia menceritakan apa yang ia alami dan apa yang ia dengar dari Yesus. Dan ia mengajak mereka untuk datang kepada Yesus. Dan rupanya kesaksian perempuan Samaria ini sangat luar biasa. Banyak orang yang kemudian datang kepada Yesus. Bahkan lebih banyak lagi mereka percaya kepada Yesus.

Sebuah buku yang di tulis oleh Howard G. Hendricks : “Kebenaran bukan untuk disimpan dalam botol, melainkan harus disebarluaskan”. Oleh karena  marilah kita memiliki semboyan seperti yang dimiliki oleh orang – orang Kristen mula – mula: “Kami harus bicara” 

III. Memiliki prioritas hidup yang benar
Pada saat para murid bertemu dengan Tuhan Yesus sepulang dari mencari makan, para murid berkata :
“Rabi, makanlah “ Mengapa para murid menyuruh Tuhan Yesus makan terlebih dahulu ?… Sebab , menurut adat orang Yahudi…para murid tidak akan makan, sebelum guru atau rabi mereka makan. Tetapi Tuhan menjawab :
“PadaKu ada makanan yang tidak kamu kenal”.
Tuhan Yesus memiliki prioritas hidup yang sangat luar biasa. Prioritas hidup Tuhan Yesus…bukan makanan jasmani yang telah dibawa oleh para murid kepadaNya yang memang itu juga Ia butuhkan,tetapi prioritas yang labih utama dalam hidup Yesus adalah “melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya”.

Apa yang menjadi kehendak Bapa ?  Yang Bapa kehendaki adalah menyelamatkan jiwa .Yohanes 3 : 17
Melalui hal ini Tuhan Yesus ingin mengajar para murid agar mereka tidak hanya terfokus pada urusan jasmani (makan dan minum saja)…tetapi mereka akan memiliki prioritas utama dalam hidup mereka yaitu menuai ladang yang sudah siap untuk dituai.

Rasul Paulus adalah contoh pribadi yang memiliki prioritas hidup yang luar biasa
“Bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah…”  Inilah prioritas hidup Paulus :”bekerja memberi buah….”.
Tuhan tidak mau kita bersikap egois, dan hanya menikmati anugerah keselamatan itu bagi diri kita sendiri, sementara orang lain sedang antri berjalan menuju kepada kebinasaan. Allah menghendaki supaya setiap orang boleh mendengar dan menerima keselamatan yang dari Dia (II Petrus 3 : 9); dan Allah mau supaya kita semua menjadi kawan sekerjaNya (I Kor. 3 : 9) untuk mencari mereka yang terhilang, dengan memberitakan kabar baik kepada mereka dan membawa mereka kembali kepada Allah.

Firman ini  menyapa kita :
1. Lakukan apa yang telah Yesus lakukan : Hilangkan rasisme dan kebencian, sebab itulah yang menghalangi kita untuk memberitakan Injil.Berita Injil adalah untuk semua orang bukan hanya untuk segelintir orang.
2. Marilah kita belajar melihat seperti Tuhan melihat : ada banyak jiwa – jiwa yang menantikan berita Injil, jiwa itu menjerit…….dan siap untuk dituai.
3. Milikilah prioritas hidup demikian juga Tujuan hidup untuk senantiasa melakukan kehendak Bapa, yaitu pergi memberitakan Injil.

Penutup
Seperti Tuhan mengutus para murid, hari ini……….Tuhan Yesus mengutus setiap kita . “Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan.” Di sekitar kita, ada banyak “samariasamaria” yg sebetulnya seperti padi yg siap untuk di tuai. Amin



Yesus dan Perempuan Samaria

Bahan Sermon Parhalado HKBP Dukuh Kupang Ressort Surabaya
Jumat , 30  Agustus 2013,  Nas : Yohanes 4 :  31 - 42    
---------------------------------------------------------------------------------------
” YESUS DAN KESELAMATAN UNTUK ORANG-ORANG SAMARIA”

Pendahuluan
Buku The Purpose Driven Life karya Rick Warren merupakan salah satu buku terlaris menurut New York Times dan Wall Street Journal sejak diluncurkan tahun 2002. Apakah kelebihan dari karya seorang hamba Tuhan yang dipanggil untuk melayani di Saddleback –Amerika Serikat bahkan seluruh dunia ini?
Tujuan yang menjadikannya berbeda. Rick Warren berkata, “Tujuan hidup kita jauh lebih besar daripada prestasi pribadi, ketenangan pikiran, bahkan kebahagiaan kita. Allah rindu agar kita menemukan kehidupan yang Allah ciptakan untuk kita jalani di bumi ini dan selamanya dalam kekekalan.” Dia adalah orang yang telah menemukan tujuan ilahi bagi dirinya dan mengedepankan tujuan tersebut lebih dari segalanya. Bagaimana dengan kita?
            Dalam kehidupan kita, penemuan besar atau kecil, keberhasilan usaha maupun pelayanan diawali dengan membayangkan sebelum menjadi kenyataan. Bulan mengitari bumi dan bumi mengitari matahari bukan karena penemuan tidak sengaja, melainkan karena para ilmuwan menetapkan untuk “menaklukkan ruang angkasa” sebagai tujuan. Tujuan merupakan sasaran yang lebih dari sekadar mimpi. Ia adalah mimpi yang ditindaklanjuti, telah ditetapkan bahwa inilah yang hendak saya lakukan, tidak bercabang karena arah sudah jelas.
           Kita harus menyadari bahwa sesuatu tidak akan terjadi, langkah maju tidak akan diambil sampai sebuah tujuan ditentukan. Tanpa tujuan, kita akan mengembara dalam hidup, tidak pernah mengetahui akan kemana dan tidak pernah sampai di mana pun. Dengan tujuan yang jelas, kita akan memprioritaskan pencapaian tujuan untuk meraih keberhasilan. Tujuan penting bagi keberhasilan, seperti udara bagi kehidupan. Tidak seorangpun pernah mencapai sukses tanpa sebuah tujuan. Tidak ada orang yang hidup tanpa udara. Karena itu kita perlu memperjelas kemana kita ingin pergi dan bagaimana mencapainya.

Keterangan Nas dan Aplikasi
            Alkitab mencatat bahwa Yesus harus (Bhs.Yun. edei) melintasi daerah Samaria (Yoh 4:4). Kata kerja edei dari kata dasar deo menunjukkan bahwa perjalanan Yesus itu penting. Meskipun orang Yahudi dapat mengelak melalui tanah Samaria karena latar belakang historis, namun Yesus memilih melalui jalan tersebut. Peristiwa kehancuran Samaria tahun 722 sM yang disertai pemindahan penduduk Yahudi ke negeri-negeri lain dimana negeri mereka sendiri dihuni orang-orang buangan dari wilayah kekaisaran Asyur zaman Sargon, memang memiliki nilai politik, sosial-budaya, dan agama. Orang-orang Yahudi yang kembali dari pembuangan Babel merasa bahwa mereka yang tinggal di Samaria bersama dengan orang-orang buangan lainnya sejak kerajaan Asyur berkuasa, tidaklah murni lagi. Percampuran budaya, sosial-ekonomi pada waktu itu, sekalipun berlatar belakang politik namun tidak bisa tidak akan mengikis keyakinan mereka akan Yahweh. Orang-orang Yahudi percaya bahwa hidup yang tidak kudus dengan tidak mentaati hukum Taurat akan mendatangkan murka Tuhan sebaliknya berkat akan diterima bila taat secara ketat.
Baik orang-orang Samaria maupun orang Yahudi yang menganggap diri benar dengan ritualitas agamawi, dinyatakan Yesus bersalah. “Saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem” (Yoh 4:21). Penyembah yang benar lahir dari batin yang diperbarui melalui perjumpaan pribadi dengan Yesus, Sang Juruselamat. Tanpa Yesus tidak seorang pun berjumpa Bapa dan dapat menyembah Dia secara benar. Yesus tahu bahwa hanya melalui diri-Nya keselamatan telah tiba dan hadir dihadapan perempuan Samaria dan mereka yang percaya (Yoh 4:23).
Yesus memiliki tujuan hidup yang jelas dan mengedepankan pencapaian tujuan. Ia harus melintasi daerah Samaria karena ia tahu bahwa tujuan hidup-Nya adalah melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikannya (Yoh 4:34). Bapa mau melalui Anak-Nya keselamatan dinyatakan pada orang-orang Samaria dan dunia pada umumnya (Yoh 4:41-42).  Segala daya dan upaya diarahkan Yesus demi melayani perempuan Samaria dan orang-orang Samaria lainnya. Ia bukan hanya melalui pemukiman mereka, tetapi mau tinggal diantara mereka selama dua hari (Yoh 4:40). Ia adalah Firman yang menjadi manusia dan diam di antara kita (Yoh 1:14). Demi penyelesaian pekerjaan Bapa ia rela tinggal di dalam dunia supaya dunia diselamatkan melalui Dia.

Pandangan Yesus yang jauh ke depan saat melihat ladang-ladang yang sudah menguning lagi matang untuk dituai (Yoh 4:35), membuat Dia bergairah untuk melayani dan memprioritaskannya disamping kebutuhan lahiriah (Yoh 4:31-34). Sebagai orang yang dipanggil untuk menjadi pengikut-Nya, seharusnya kita memiliki cara pandang yang sama dan memprioritaskan apa yang dianggap utama oleh Yesus. Mari kita menanggalkan semua yang merintangi kita demi pencapaian tujuan ilahi. Prioritas hidup kita adalah melayani Tuhan dengan memperhatikan kebutuhan sesama akan keselamatan

Kisah percakapan Tuhan Yesus dengan perempuan Samaria di kota Sikhar ,merupakan suatu percakapan yang sangat menarik sekali. Mengapa ?
Karena :  • di dalam percakapan Tuhan Yesus itu terkandung suatu pelajaran yang luar biasa untuk umat Tuhan jaman sekarang;  • dan apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus menjadi suatu teladan yang harus orang – orang Kristen lakukan di sepanjang jaman.
Hari itu, Tuhan Yesus memperhadapkan sebuah realita kepada para murid : “Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai”

Dan hari ini ……………kita juga diperhadapkan dengan sebuah realita, bahwa banyak orang yang ada disekitar kita yang belum diselamatkan; belum percaya Yesus, mereka menuju kepada kebinasaan, ……seperti domba yang tidak bergembala…..dan mereka seperti ladang yang telah menguning dan siap untuk dituai. ketika kita diperhadapkan dengan hal seperti ini bagaimana sikap kita? Apakah kita diam, acuh tak acuh, cuek, masa bodoh…….Apakah kita berkata :”itu bukan tugas saya…….itu bukan kewajiban saya ……………….dan lain sebagainya.

Ada tiga hal penting yang harus orang Kristen lakukan :
I. Melakukan apa yang Tuhan Yesus lakukan
Dalam kisah ini, diceritakan …..bahwa Tuhan Yesus akan meninggalkan Yudea dan kembali lagi ke Galilea. Dan dalam perjalanan dari Yudea ke Galilea tersebut, Tuhan Yesus harus melintasi daerah Samaria.Melintasi Samaria sesungguhnya bukanlah  jalan satu – satunya menuju Galilea, ada jalan lain. Banyak orang Yahudi yang kalau mau ke Galilea mereka turun ke lembah sungai Yordan , lalu belok ke arah utara, sehingga mereka tidak harus menginjak tanah daerah Samaria. Dan Yesus bisa melewati jalan itu, tetapi Yesus memilih untuk melintasi daerah Samaria,Yesus tidak menghindari orang Samaria sebab Ia memiliki tujuan khusus terhadap orang Samaria.
 
Sejarah mencatat bahwa antara orang Yahudi dengan orang Samaria terjadi suatu permusuhan. Bahkan ada sebuah buku yang menjelaskan bahwa orang yahudi tidak mau bergaul ataupun bertegur sapa dengan orang Samaria demikian pula sebaliknya, orang Samaria tidak mau bergaul dan bertegur sapa dengan orang Yahudi.Bahkan orang Yahudi tidak mau memakai bekas mangkok orang samaria, demikian pula sebaliknya.. bahkan orang Yahudi merasa diri lebih baik daripada orang Samaria.

Ada banyak perbedaan diantara kedua suku bangsa ini.  Orang Samaria : • Mereka berbakti kepada Tuhan, tetapi juga beribadah kepada allah – allah lain . • Orang Samaria hanya menerima kelima Kitab Musa sebagai Firman Allah  • Mereka tidak mau bergabung dengan orang Yahudi dan berbakti di Bait Allah di Yerusalem. • Pada tahun 400 SM, mereka membangun tempat ibadah di gunung Gerizim, yang kemudian di baker oleh orang Yahudi pada tahun 128 SM. Pada umumnya orang Samaria dan orang Yahudi saling curiga dan saling membenci.

Walaupun demikian, Yesus tetap melintasi Samaria, bahkan Yesus berbicara dengan seorang Samaria ini mengherankan, Sehingga perjalanan Tuhan Yesus dari Yudea ke Galilea melalui Samaria menjadi bukti bahwa Yesus menolak rasisme dan Yesus menolak kebencian.

Demikian juga seharusnya setiap orang Kristen. Kita harus menolak rasisme, dan juga menolak kebencian. Orang Kristen harus berani bertindak seperti Tuhan Yesus, yang mendobrak rasisme dan menghilangkan kebencian.

II. Melihat seperti Tuhan Yesus melihat
Ketika Tuhan Yesus sampai di Samaria, lebih tepatnya di kota Sikhar…..dimana di sana ada sebuah sumur yang dalamnya kurang lebih 30 meter. Dan Yesus dalam keadaan yang letih sebab perjalanan yang cukup jauh. Yesus terduduk di pinggir sumur itu, sementara para murid pergi untuk membeli makanan dan datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Alkitab menuliskan….bahwa terjadi dialog antara Tuhan Yesus dengan perempuan Samaria.Dan pada akhirnya perempuan Samaria inipun percaya Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Bahkan …perempuan Samaria ini pergi ke kota dan memberitahukan kepada orang lain bahwa ia telah bertemu dengan Mesias, sehingga banyak orang Samaria yang meninggalkan kota dan kemudian datang bertemu dengan Tuhan Yesus. Ini sungguh suatu kejadian yang sangat luar biasa. Mengapa ?
Sebab... ditengah – tengah perseteruan antara orang Yahudi dan orang Samaria, Yesus yang notabene adalah seorang Yahudi, Ia mampu melakukan suatu yang sangat luar biasa…Ia MELIHAT orang Samaria bukan sebagai bangsa yang harus mereka jauhi (singkirkan) bukan sebagai bangsa yang harus dibenci dan dikucilkan…TIDAK. TETAPI Yesus melihat orang – orang Samaria seperti ladang yang siap untuk dituai…bagaikan padi yang siap untuk dipanen. Di mata Tuhan Yesus…orang – orang Samaria adalah jiwa – jiwa yang haus akan Injil dan berita keselamatan.
Namun para murid justru memiliki pandangan yang berbeda. Para murid melihat “Samaria” belum siap bahkan cenderung diam. Tetapi bagi Yesus…”Samaria” dipenuhi dengan jiwa – jiwa yang siap untuk dituai.
Jikalau saat itu Tuhan berkata kepada para murid : “Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah ladang – ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai”.  Hari inipun Tuhan berkata hal yang sama :
“Lihatlah sekelilingmu dan pandanglah orang – orang yang ada disekitarmu, di tempat kerjamu, di pabrikmu, di tokomu…mereka seperti padi yang sudah menguning dan siap untuk dituai”.

Bukan hanya untuk dilihat dan dipandang kemudian dilupakan begitu saja…TETAPI Tuhan menginginkan kerelaan kita untuk menjadi penuai…Bukan ladangnya yang tidak siap untuk dituai, melainkan penuainya belum siap bekerja”.

Apa yang dilakukan oleh perempuan Samaria, patut kita tiru.  Setelah ia bertemu dengan Yesus, menerima Yesus sebagai Juruselamat, ia lari pergi ke kota, ia tidak menyimpan berita itu sendiri,tetapi ia menceritakan semua yang ia lihat, alami dan rasakan saat bertemu dengan Yesus di tepi sumur di Sikhar. Sebab perempuan ini menyadari bahwa ada banyak orang Samaria yang membutuhkan berita seperti yang telah ia dengar dari Yesus.

Itu artinya Perempuan ini sedang bersaksi…kepada orang lain. Ia menceritakan apa yang ia alami dan apa yang ia dengar dari Yesus. Dan ia mengajak mereka untuk datang kepada Yesus. Dan rupanya kesaksian perempuan Samaria ini sangat luar biasa. Banyak orang yang kemudian datang kepada Yesus. Bahkan lebih banyak lagi mereka percaya kepada Yesus.

Sebuah buku yang di tulis oleh Howard G. Hendricks : “Kebenaran bukan untuk disimpan dalam botol, melainkan harus disebarluaskan”. Oleh karena  marilah kita memiliki semboyan seperti yang dimiliki oleh orang – orang Kristen mula – mula: “Kami harus bicara” 

III. Memiliki prioritas hidup yang benar
Pada saat para murid bertemu dengan Tuhan Yesus sepulang dari mencari makan, para murid berkata :
“Rabi, makanlah “ Mengapa para murid menyuruh Tuhan Yesus makan terlebih dahulu ?… Sebab , menurut adat orang Yahudi…para murid tidak akan makan, sebelum guru atau rabi mereka makan. Tetapi Tuhan menjawab :
“PadaKu ada makanan yang tidak kamu kenal”.
Tuhan Yesus memiliki prioritas hidup yang sangat luar biasa. Prioritas hidup Tuhan Yesus…bukan makanan jasmani yang telah dibawa oleh para murid kepadaNya yang memang itu juga Ia butuhkan,tetapi prioritas yang labih utama dalam hidup Yesus adalah “melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaanNya”.

Apa yang menjadi kehendak Bapa ?  Yang Bapa kehendaki adalah menyelamatkan jiwa .Yohanes 3 : 17
Melalui hal ini Tuhan Yesus ingin mengajar para murid agar mereka tidak hanya terfokus pada urusan jasmani (makan dan minum saja)…tetapi mereka akan memiliki prioritas utama dalam hidup mereka yaitu menuai ladang yang sudah siap untuk dituai.

Rasul Paulus adalah contoh pribadi yang memiliki prioritas hidup yang luar biasa
“Bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah…”  Inilah prioritas hidup Paulus :”bekerja memberi buah….”.
Tuhan tidak mau kita bersikap egois, dan hanya menikmati anugerah keselamatan itu bagi diri kita sendiri, sementara orang lain sedang antri berjalan menuju kepada kebinasaan. Allah menghendaki supaya setiap orang boleh mendengar dan menerima keselamatan yang dari Dia (II Petrus 3 : 9); dan Allah mau supaya kita semua menjadi kawan sekerjaNya (I Kor. 3 : 9) untuk mencari mereka yang terhilang, dengan memberitakan kabar baik kepada mereka dan membawa mereka kembali kepada Allah.

Firman ini  menyapa kita :
1. Lakukan apa yang telah Yesus lakukan : Hilangkan rasisme dan kebencian, sebab itulah yang menghalangi kita untuk memberitakan Injil.Berita Injil adalah untuk semua orang bukan hanya untuk segelintir orang.
2. Marilah kita belajar melihat seperti Tuhan melihat : ada banyak jiwa – jiwa yang menantikan berita Injil, jiwa itu menjerit…….dan siap untuk dituai.
3. Milikilah prioritas hidup demikian juga Tujuan hidup untuk senantiasa melakukan kehendak Bapa, yaitu pergi memberitakan Injil.

Penutup
Seperti Tuhan mengutus para murid, hari ini……….Tuhan Yesus mengutus setiap kita . “Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan.” Di sekitar kita, ada banyak “samariasamaria” yg sebetulnya seperti padi yg siap untuk di tuai. Amin



Kamis, 01 Agustus 2013

Menjadi Sahabat Yang Baik (Elihu sahabat Ayub)

” GABE DONGAN PANOGUNOGU MA HAMU ”
(Ayub 36 ; 1 – 7 )

Adong do hata bijaksana na mandok ” seorang sahabat teruji bukan ketika kita sedang bersukacita namun ketika dukacita datang”
karena sahabat yang benar dan yang baik adalah sahabat di dalam suka dan duka. Sahabat yang ketika kita bergembira ia ada menjadi tempat berbagi suka dan ketika kemalangan atau kesedihan/kegagalan ada ia tetap ada untuk menguatkan dan menghiburkan”

Tontu tarjalo rohanta do hata i ate? Ala memang saluhut do hita hea  mangadopi angka na masa i, las ni roha nang arsak pe. Di na masa las ni roha ringkot do adong dongan laho manghalashon i,  songoni nang molo masa sitaonon ringkot do adong dongan laho rap manghilalahon sitaononta i. Kehadiran ni ale-ale na denggan mangurupi hita do i asa margogo laho mangadopi angka na masa di ngolunta.

Kisah hidup Ayub (Job) telah menginspirasi banyak orang  agar dapat bertahan dan bertekun laho mangadopi ragam ni sitaonon na ro tu ngoluna. Kisah ngolu ni si Jop nunga gabe sada penghiburan dohot kisah na gabe togar-togar, pahehe ssemangat tu angka halak na naeng putus asa ala ni sitaonon na dokdok  masa di ngoluni angka na porsea.

Ia si Job (Di hata Indonesia didok Ayub (bahasa IbraniאִיּוֹבStandar Iyyov
Tiberias ʾIyyôbahasa Arabأيّوب Ayyūb; bahasa Inggris: Job) ima tokoh utama  di bukku Job on di Alkitab Ibrani dohot di Padan Na Robi (Perjanjian Lama di 
Alkitab Kristen. Ayub disebut sebagai nabi Allah di dalam Al Quran.

Dipungka do bukku marhite barita ni si Job on marhite hata : Adong do na jolo di tano * Us, sada baoa, na margoar ** si Job; na * daulat jala na burju do roha ni baoa i jala mabiar mida Debata, jala dipadao rohana sian hajahaton.
Na mora situtu do Ibana pola didok muse naummora sian saiuhutna na maringanan di luat Habinsaran (ay.1, 4).

Diuduti do muse barita ni kisah i marhite barita parpunguan  manang parjumpangan  na binehen ni Debata tu angka  anak ni Debata, laos ro do tu punguan ni ima sibolis. Disungkun Debata do sibolis, na sian dia do ulaning ibana. Didok sibolis do tu Debata, na maotaot do ibana di portibion laho mangangkapi tano on. Dungi disungkun Debata do sibolis taringot tu Job, naung diburu ibana do manang naung pajumpang do ibana tu si Job, naung diboto ibana do panghaporseaon ni si Job tu Debata. Alai dialusi sibolis i ma Debata. Ai didok do ia na mambahen songoni panghoporseaon ni si Job tu Debata, ala naung dilehon Debata do tu ibana saluhutna na hinasiholan ni jolma di tanoon ima hamoraaon, hagabeaon dohot hasangapon dohot ragam pasu-pasu na asing pe. Alai ndang songoni na binereng ni Debata sian si Job. Ai tangkas do diboto Debata ndada alani saluhutna i umbahen na porsea si Job tu Ibana.  Ido umbahen na dilehon Debata sibolis i mangunjuni si Job.

Di hamu angka inanami, aha ma na masa muse.............. diunjuni sibolis ma si Job, anakna na 7 halak dohot boru na 3 halak mate, artana suda, inantana manadinghon ibana jala ro parsahiton na posi tu ibana (ima na huliton). Punjung ma sahalakna dipasisi dibalian ni huta. Di situasi na sisongoni ro ma angka ale-alena ima si Elifas, Bildad dohot si Zofar dohot Si Elihu.

Di na ro ale-alena i , manghirim do si Job di hata pangapulion dohot hata togar-togar. Ai nunga sude manandinghon ibana. “Tingki adong di iba, ro be ma angka dongan dung so adong di iba mandao be angka dongan”.  Ima na niadopan ni si Job. Inanta soripadana pe nunga manadinghon ibana, songoni nang tondongna na sahuta, nunga mandao sian ibana. Alai di na ro angka donganna mangirim do ibana di gogo na imbaru. Alai hape ndang jumpangna i sian angka alealena i. Sabalikna “ nirimpu do parhunikan hape pargadongan, nirimpu parsaulian hape hamagoan”. Mangirim do ibana di hata penghiburan hape hata panguhuman do na haruar sian pamangan ni angka donganna i. Hata na pagalehon tondi dohot roha, na pangalehon daging dohot pangirimon.
Ai didok nasida do na munafik do hape saleleng on si Job. Berengon do hape sian duru songon na badia, songon halak partigor, jala songon halak na sintong hape sasintongna siula dosa na buni do ibana na so sian pamotoan ni donganna jolma. Didok nasida do na diuhum Debata do ibana ala ni angka dosa-dosana i.  Didok nasida do muse asa disolsoli si Job dosana tu Debata.
Hata-hata panguhuman on ma na haruar sian pamangan ni angka ale-alena i si Bildad, si Elifas dohot si Zofar, na patamba gale si Job, pola do naeng madabu ibana tu pandelean laos mamburai ari hatutubuna, alai ro do Debata paingothon ibana jala pajonjonghon uhum na tigor i ditonga-tongani angka ale-alena i.  Disi ma dihatindanghon Debata taringot tu na so lomo roha ni Debata laho “manegai “ ngolu ni angka na porsea i.

Ndada Debata haroroan ni sitaonon na ro tu si Job i. Alai diloas Debata do si Job marsitaonon, asa gabe pasu-pasu laos gabe jamita  ibana di sitaonon na i. Ai tangkas do sasintongna di Debata nang buni i di jolma bahkan di si Job sandiri, na manahan do si Job sahat tu ujungna laho mangadopi sitaonon i. I do umbahen na diloas Debata si bolis i mangunjuni ibana.

Sian on botoonta ma ia ‘huaso’ ni si bolis sangat terbatas do. Ndang boi lomolomoni sibolis tu nasa na tinompa ni Debata. Ndang marhuaso sibolis laho mambuat hosa ni jolma i. Unduk do nang sibolis i di kedaulatan ni Debata.
Alani ma nang hita pe, unduk ma hita tu Huaso ni Debata. Karena Kasih dan kuasa Allah sungguh tak terbatas.

Hata bijak sian angka natua-tua najolo, didok songon on “ Manuk pealangge hotekhotek laho marpira, sirang na marale-ale lobian sian na matean ina” boi do hita setuju tu  umpasa on , alai boi do tong ndang setuju. Tergantung kedekatannata tu angka donganta, tergantung tu paralealeanna tu donganna. Alai sian hata i, naeng dohononnna do tu hita asa gabe ale-ale na denggan ma hita tu angka donganta.

Dipaingot Debata do Si Elifas, si Bildad dohot si Zofar taringot tu na masa di si Job
Dipangke Debata do ale-aleni si Job na sada nari ima si Elihu laho mamainsang donganna na tolu i. Nian umposo do si Elihu sian na tolu nari (boi tajaha di Job 32) alani do ra umbahen na sai hohom ibana dimulana i mananginangi, alai lam leleng lam dipaihut-ihut ibana nasa hata na haruar sian angka donganna tu si Job, lam dao sian na patubu semangat, dibaranihon ibana ma manghatahon hatana, ndung hohom nasida saluhatna jala ndung loja si Job mambela dirina.
Dihatindanghon bibelta do ia si Elihu do na parpudi mandok hatana tu si Job jala ndang pola adong sanggahan sian Job di saluht hatana i, sada tudutudu do on paboahon na tutu situtu do na nidok ni si Elihu. Ndang pola dipangido Debata si elihu mangido maaf tu si Job di saluhut hata na hinahataonna. On pe patuduhon na tutu situtu do hata ni si Elihu i (boi ma muse tajaha i sian Job 32 – 37)

Adong do piga-piga hal na boi taparsiajari sian nasa hata ni si Elihu :
1. Dipatigor si Elihu (Elihu meluruskan) pemahaman ni si Job dohot si Bildad, Si Elifas dohot Si Zofar  taringot tu pangantusion nasida tu Debata. Ai salah mananda do nasida di pambahenan ni Debata, sai didok nasida do na diuhum Debata si Job hape ndada na lomo roha ni Debata marnida sitaonon ni porsea di Ibana. Ndada sibahen sitaonon manang haporsuhon Debata tu jolma.
tung na so tupa do Debata mambahen hajahaton, jala ndang olo Nasunhinagogo i * papeol uhum hasintongan.(Job 34 : 12)

2. Dipangke Debata ragam ni angka na masa dingolunta laho mamangkulingi hita. Dipangke do nang siataonon na masa tu hita laho mamangkuli hita (Job 33: 14 – 15 ), alani naeng ma lam peka hita mambuat hikmat ni sude nagka na masa di hita
Ndada na marlapatan gabe lam dao Debata sian hita molo taadopi siataonon, ndada marlapatan naung ditadinghion Debata hita. DalanNa do sitaonon i laho mangajari hita mangamuliatehon saluhut ngolu sude na masa di hita asa lam marsigantung hita tu Debata, jala jou-jou tu Ibana, ai jonok do Ibana di angka angguk-angguk ni na marsitaonon.

3. Marsiajar ma hita asa unang hita madabu tu ginjang ni roha ala ni angka prestasi dohot pencapaian-pencapaianta lumobi ma pencapainta di bidang spiritual na boi mamabhen hita gabe madabu tu kesombongan rohani, laos alani gabe merasa berhak hita lao menuntut Allah mangalehon nasa na tapangido manang patupahon nasa na tapingkiri denggan munurut hita. Alai lam marsiajar ma hita laho marserep ni roha (Job. 33 : 8 – 12 ; Job 36)

4.  Aha pe  na masa di ngolunta on sai adong do jalan keluardohot kelegaan na pinarade ni Debata, asal ma rade nasida mamuha roha tu arahan na sian Debata ( Ayub 33: 23-30). Begitu banyak orang yang bersedih, mengasihani diri dan berfokus pada besarnya masalahnya, daripada datang kepada Tuhan dengan kerendahan hati. Sadarilah, Yesus lebih besar dari masalah kita, bahkan dari hobi, pekerjaan, keluarga, cita-cita, orang yang kita cintai sekalipun. 


Elihu membuka mata sahabat-sahabatnya bagaimana mengenal Allah dengan benar, sehingga tidak cepat menuntut Allah dengan berbagai-bagai kata yang tidak bijaksana dan berguna, tetapi bagaimana hidup dengan sabar dan penuh ketaatan serta tetap berpengharapan terhadap pemulihan dari Allah. Mari kita lebih lagi memahami dan mengerti hati Tuhan di balik setiap masalah yang ada. Jangan kita banyak ilmu, banyak bicara tapi tanpa pengertian. Amin.