Jumat, 30 Agustus 2013

Allah Yang Tidak Dikenal (Kisah Para Rasul 17 : 16 - 34)

Bahan Sermon Parhalado HKBP Dukuh Kupang Ressort Surabaya
Rabu , 23  Agustus 2013, Nas : Kisah Oaras Rasul 17 :  22 – 28     
---------------------------------------------------------------------------------------

“TU DEBATA NA SO TINANDA”
(Ulaon NI Apostel 17:16-34)

 PATUJOLO
            Paulus ima sada sian angka Apostel ni Kristus na mansai berpengaruh di Padan Na Imbaru lumobi di perkembangan dan pertumbuhan ni huria na parjolo. Sebagian besar angka surat tongosan na adong di Padan na Imbaru I ima surat na sian Apostel Paulus. Wajar do I tutu, molo taida latar belakang ni Apostel i.  Sada halak na pistar do Ibana jala berpendidikan, dididik do ibana di sada parsikkolaan na di Tarsus  sian tano kilikia dibawah pengasuhan dan ajaran sian sada Guru Besar  (sian golongan Sanhenddrin) na margoar Gamaliel. Borhat sian pendidikan dohot pengalamanna i do tutu umbahen na songoni “luar biasa” apostel i di tingki na mamaritahon barita nauli i. Diantusi ibana do boa cara-car mengkontektuaisasihon barita nauli tu jaman dohot budaya ni  pendengar.

LATAR BELAKANG KEHIDUPAN MASYARAKAT ATENA
            Atena ima sada huta naung tarbarita sian mulana.  Digoari do huta on songon  tu huta ni angka filsuf. isarana Sokrates, Plato, Aristoteles, Zeno, Phytagoras, Heraklitos, Permanindes, Thales,  dohot angka na asing dope. Sehingga tidak salah jika ada yang memberi komentar atau gambaran mengenai kota Atena yaitu sebagai “a great univer-sity city.” Selain terkenal sebagai kota cendikiawan, Atena juga terkenal sebagai rahim tempat lahirnya sebuah sistem yang sangat terkenal dan dipakai oleh banyak negara dalam pemerintahannya sampai sekarang, yaitu demokrasi. Kemajuan berpikir membuat mereka berkeyakinan bahwa semua orang punya pemikiran. Setiap orang berhak mengutarakan pemikiran itu dan setiap orang berhak juga untuk mendengarkannya. Di masa ni Apostel Paulus, huta Atena ima sada bagian na masuk tu imperium Romawi na ditakluhon nasid di taon 146 sM, alani do tong pengaruh romawi tung mansai kental di di huta on.
Hal na menarik na boi jumpang di tingki I pe sian huta Atena on ima songon naung pinaandar ni Apostel Paulus “kota itu penuh dengan patung-patung berhala” (Kis 17:16). Sada indikasi do on na patuduhon ia masyarakat manang penduduk kota Atena ima masyarakat na memiliki tingkat spiritualitas dohot hidup kerohanian na timbo. Pemujaan na pinatupa nasida tu godang dewa-dewa ima sada gombaran pengakuan dohot ketakutan nasida tu ragam ni hagogogon na diluar nasida. Dipatupa nasida langgatan pameleon tu saluhut angka dewa-dewa songoni nang tu “Dewa na so tinanda” (ai tagamon nasida do adong Debata tutu (manang na ise pe i) na so tinanda nasido). Manghirim nasida di pasu-pasu ni angka dewa jala manghirim nasida angka dewa-dewa I paholang nasida sian ragam nib ala dohot bencana.

TU DEBATA NA SO TINANDA
            Kisah Apostel Paulus di huta Atena ima sada kisah na sinurat ni si Lukas na martudu-tudu tu pardalanan na paduahalion ni apostel marbaritahon barita nauli. Ia haroroni ni Apostel i di huta Atena ima ala pangaleleon na binahen ni halak Yahudi  tu tim misi ni Apostel i di huta Tesalonika. Dibaritahon apostel i do barita naulis di Tesalonika, goang do halak na porsea jala mangihuthon “Dalan ni Tuhan” alai sebalikna sogo ma roha ni angka halak Yahudi. Dilele nasida ma si Paulus, dungi bingkas ma si Paulus tu Berea. Di Berea pe adong do na porsea di barita nauli na binoan ni Apostel i dohot angka dongannna si Silas dohot si Timotius. Alai sahat do tong barita i tu angka halak Yahudi na di Tesalonika pola do ro nasida mangalele  apostel i sahat tu Berea. Alai ala dibege Apostel i naung ro angka halak Yahudi i tu Berea laho manangkup laos mamunu ibana, hombar tu  angka saran ni dongganna, bingkas ma ibana muse tu Atena, disi ma Ibana paimahon si Silas dohot si Timotius na manguduti panghobasion marbarita nauli di Berea.

Alkitab mencatat, “Sementara Paulus menantikan mereka di Atena…” (ay. 16a), “mereka” dalam ayat ini mengacu kepada Silas dan Timotius. 
Dalam penantiannya, Paulus melihat bahwa kota Atena dipenuhi dengan patung-patung berhala. On ma na mambahen targitik rohana marhida huta i,  (“he was greatly distressed ” Terjemahan bebasnya adalah “dia mengalami kesusahan atau kesedihan yang sangat mendalam.) Boi dohonon do ia kesedihan na nialamanna ima kesedihan na borhat sian dorongan na positip asi rohana marnida bangso i (halak Atena i) ala ”lilu nasida” manomba godang gana-ganaan, kesedihan na mendorong (disertai hasrat na membara) naeng segera mambaritahon barita haluaon i tu halak Atena.

Songon naung dihasomalhon ibana (laos sada strategi penginjilanna) ima manang tu dia pe ibana mamungka penginjilan, na parjolo na didapothon ibana ima ”parpunguan/parguruan halak Yahudi” songoni do nang di Atena. alai ndada holan i na didapothon ibana, khusus di Atena laho do Ibana tu onan (pasar) ima sada inganan parpunguan ni torop halak laho patupa angka diskusi, pasahat angka hata manang barita na boi diperdebathon. Onan dison ima Agora ( inganan ni angka cerdik cendekiawan laho patoranghon pemahaman ’filosofisna” tu sada-sada hal na imbaru, manang paandarhon ”teori-teori” na baru la layak ditangihon jala dibegehon tu  torop halak. (Sada inganan na gabe wadah argumentasi dan debat para filsuf-silsu dan kaum cerdik cendekiawan).

            Alkitab mencatat bahwa orang-orang yang sering berkumpul disana adalah orang-orang yang berasal dari golongan Epikuros dan Stoa. Orang-orang dari golongan inilah yang sering bertanya jawab dengan Paulus (ay. 18). Mereka menyebut Paulus dengan sebutan ‘si peleter” (sijubajabi). Perlu dipahami bahwa sebutan ini adalah sebuah ejekan mereka terhadap Paulus karena “peleter” berarti orang yang berlagak tahu. Mereka mengatakan bahwa Paulus adalah orang yang meng-ajarkan dewa-dewa asing sebab Paulus mengajarkan tentang Injil Kristus.

Kelompok Epikuros, ima sada kelompok na pinajongjong ni  sahalak na margoar Epikurus na tubu di Samos (341-271 SM). Sahalak filsuf na mangajarhon taringot tu Etika laho mambahen asa dapotan ngolu na sonang. Inti ajaran filososfi ni kelompok epikurus on ima pernyataan na mandok  “ndang adong sian na adong I na ro sian na so adong jala ndang adong sian naung adong I na gabe so adong muse” (“tidak ada sesu-atu pun yang ada yang ditimbulkan oleh sesuatu yang tidak ada dan tidak ada sesuatu yang ada yang kemudian musnah menjadi tidak ada.” ) implikasi haporseaon ni kelompok on ima pemahaman na so manghaporseai na dong do hangoluan dung hamatean. Na so manghaporseai penghakiman akhir. Ai didok nasida do molo naung mate jolma I, ndang aeon ni jolma I be manang aha, nang las ni roha nang panguhuman. Alani do tujuan ni ngolu ima Hedone : ima kondisi dimana ter-cipta harmoni antara tubuh dan jiwa, dimana batin tenang dan tubuh sehat. Hal ini hanya bisa tercapai jika keinginan dipuaskan, sehingga keinginan akan menjadi semakin sedikit dan menuju ketiadaan keingian. Epikurus menambahkan bahwa semakin sedikit keinginan maka akan semakin besar kebahagiaan. Karena kinginannya semua tercapai. Hidup adalah kenikmatan.

Kelompok Stoa,   Didirikan oleh Zeno dari Citium di Siprus (336-264 SM). Ia mengajar di gang di antara tiang-tiang (yun. stoa poikilia) dan dari sinilah asal kata nama golongannya yaitu golongan Stoa.   Pandangannya sangat materialistis, sehingga dia menolak segala sesuatu yang imaterial, yaitu menganggap yang imaterial itu tidak ada. Zeno percaya akan adanya Tuhan, namun dia mengatakan bahwa Tuhan itu adalah bersifat materi. Zeno mengatakan bahwa Tuhan adalah pen-cipta dari alam semesta. Seiring waktu Dia akan terkorupsi dan kondisi ini menyebabkan Dia sudah tidak menjadi Tuhan lagi. Kekuatannya yang besar terserap dalam segalanya. Sehingga, Allah yang material itu identik dengan alam.Menurut Zeno, dunia ini dikuasi oleh logos yaitu akal dan rasio ilahi. Dalam logos inilah terdapat tata tertib dunia, mengatur segala sesuatu pada tujuan, dan segalanya takluk pada hukum logos.    Jiwa adalah sesuatu yang bersifat materi juga bagi Zeno. Inilah yang mendasari dia deng-an mengatakan bahwa jiwa adalah pusat dari tubuh manusia. Jika jiwa mati, maka jiwa akan larut ke dalam jiwa semesta.

Marhite pemaparan ajaran i tangkas ma tutu na sso dihaporseai kelompok filsuf na dua (kelompk filsuf na paling terkenal di tingki i) ima pengajaran taringot tu kehidupan setelah kematian, pengajaran tentang adanya kebangkitan setelah kematian, dan adanya penghakiman setelah kematian.    

Kegiatan tukar pikiran yang sering dilakukan Paulus di agora ternyata membawa dampak dalam kehidupan masyakrat Atena ketika itu. Hal ini terlihat ketika Paulus akhirnya diundang ke Areopagus untuk mempresentasikan pemikiran atau Injil yang disampaikannya (ay. 19). Aeropa-gus adalah sebuah tempat yang disiapkan khusus untuk membicarakan hal-hal penting yang ber-kenaan dengan topik-topik seperti ilmu politik, masalah-masalah sosial, kebudayaan, filsafat,dsb. Tertarik nasida laho pabagashon imformasi na imbaru na binoan ni Apostel Paulus on patuduhon gombaran ni masyarakat Atena na selalu haus akan pengetahuan yang baru. Orang-orang di Atena memang senang dan menghabiskan banyak waktu untuk mende-ngar segala jenis pengajaran yang baru (ay. 20-21). Mereka rela meninggalkan pekerjaan sehari-hari demi mendengar orang memperdebatkan hal-hal baru mengenai filsafat atau ajaran agama tetentu. Konon katanya, dikarenakan “hobi” mereka yang satu ini, pemerintah yang berkuasa atas mereka mengalami kesulitan karena semua kegiatan harus diliburkan jika ada perdebatan di Ar-eopagus, sehingga hal ini membawa dampak pada sektor ekonomi dan tentunya akan merembes pada sektor-sektor yang lain.


Kis 17:23-31 bercerita tentang apologetika Paulus kepada orang-orang di Atena. Dia me-mulai dengan menyanjung orang-orang Atena sebagai orang-orang yang religius (ay. 22). Strategi Paulus berikutnya adalah dia menggunakan salah satu patung atau altar yang terdapat di Atena yang di atasnya bertuliskan “kepada Allah yang tidak dikenal” (ay. 23). Don Richardson me-maparkan penjelasan yang menarik tentang kisah dibalik altar “kepada Allah yang tidak dikenal” ini. Konon katanya dalam peradaban Atena kuno, pernah terjadi wabah penyakit yang sangat dahsyat. Dalam kepercayaan mitologi Atena kuno, ini merupakan sebuah pertanda bahwa para dewa di khayangan sedang marah karena manusia lalai dalam memberi persembahan. Namun mereka sama sekali tidak tahu dewa mana yang sedang marah kepada mereka, sehingga mereka memutuskan untuk memberi persembahan kepada semua dewa yang ada di Atena ketika itu. Se-telah memberikan persembahan, justru yang terjadi adalah yang sebaliknya, wabah penyakit sama sekali tidak berhenti. Hal ini membuat mereka bertanya-tanya, “Dewa mana lagi yang be-lum diberikan persembahan?” Hal ini membuat mereka bertanya kepada peramal (oracle), na-mun tidak satu pun yang tau penyebabnya. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bertanya kepada peramal lain yang berada di Knossos, bernama Epimenides. Ketika mereka menanyakan hal ini kepadanya, Epimenides menjawab,” …..a god whose name is unknown to us…. Keesokan paginya, Epimenides memerintahkan agar disediakan domba untuk dipersembahankan kepada Allah yang tidak dikenal itu. Singkat cerita, wabah itu pun berhenti. Altar itu diberi nama sebutan γνώστ θε sampai ketika paulus datang ke Atena.
            Paulus menggunakan ketidakmampuan orang-orang di Atena untuk mengenal Allah se-bagai jembatan untuk memperkenalkan Allah yang sejati kepada mereka. Paulus setidaknya memberikan empat argumentasi tentang Allah:
»         Allah sebagai pencipta (ay. 24).
»         Allah yang tidak kekurangan apa-apa, sehingga tidak perlu dilayani manusia. (ay. 25).
»         Allah yang dekat dan sebagai penyebab kehidupan (ay. 27-28).
»         Allah bukan materi (ay. 29).
Terlihat jelas gaya Paulus dalam menyebarkan ajarannya sangatlah berbeda jika dia mengajar pada sebuah komunitas yang memiliki latar belakang Yahudi atau torah. Orang Atena sama se-kali tidak memiliki latar belakang ini, sehingga pendekatan yang dilakukan Paulus adalah dengan mengadopsi gaya pemikiran mereka sendiri, yaitu dengan mengutip pandangan mereka tentang yang ilahi (lih. ay. 24-29), yaitu sebagai pencipta dan pemelihara. Untuk menjelaskan ini Paulus mengutip langsung pujangga Yunani yaitu Epimenides dan Aratus yang mengatakan, “Ia tidak jauh dari kita masing-masing.” Paulus menggunakan pendekatannya dengan menggunakan pendekatan commond ground sebagai jembatan agar orang Atena paham dengan apa yang akan dipaparkan oleh Paulus berikutnya. Sampai disini pemberitaan Paulus menjadi sangat menarik.
Namun ketika ia kemudian berbicara tentang Yesus yang mati dan dibangkitkan dari kematian, ketika Paulus mengajarkan ada ada kehidupan setelah kematian dan ada penghakiman setelah kematian. Dua pokok pikiran ini sa-ngat bertentangan dengan konsep pemikiran kaum Epikurus dan Stoa yang sama-sama tidak mempercayai hal itu, yakni adanya kehidupan setelah kematian. Inilah yang membuat orang-orang di Atena memberikan respon negatif (mengejek) terhadap ajaran Paulus dengan meng-atakan, “Lain kali saja kami mendengar engkau berbicara tentang hal itu.” (ay. 32). Hanya sedikit orang yang mau percaya kepada ajaran Paulus yaitu Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan me-reka (ay. 33).

APLIKASI DAN PESAN PAULUS BAGI PEMBACA MASA KINI
            Dari kisah perjalan misi kedua Paulus di Atena, yaitu ke kota para intelektual, dimana dia berjuang untuk memberitakan Injil Kristus kepada orang di sana, ada tiga hal yang bisa dipelajari dari teladan Paulus yang bisa diaplikasikan, khususnya bagi playanan kita masa kini dan kehidupan jemaat masa kini.
1.      Senantiasa Beritakan Injil
Paulus tidak pernah berhenti untuk memberitakan Injil walaupun dia sedang dalam pelarian karena dikejar-kejar. Dia memang tidak menantang bahaya karena ia tidak mau mati sia-sia, ia menghindar namun tidak untuk bersembunyi dan berhenti. Ia menghindar dan pergi meninggalkan Tesalonika karena waktunya di tesalonika adalah akan sia-sia dan terbuang sementara jiwanya terancam. Ia pergi ke Berea lalu ke Atena disitu ia bisa berguna dan tetap memberitakan injil Kristus.

2.      Strategi Penginjilan
Kita harus mempunyai startegi di dalam penginjilan. Strategi itu tidak hanya satu dan sering tergantung situasi dan kondisi lingkungan atau masyarakat setempat. Oleh karena itu kita memang harus menjadi orang yang bijaksana dan fleksibel di dalam prinsip (tidak kaku)namun tidak boleh kompormi ke pada ketidak benaran.
            Dari teladan Paulus, bisa dipelajari bahwa strategi penginjilan bukanlah sebuah strategi yang kaku, yang harus terpaku dalam sebuah cara, atau sebah cara baku yang diseragamkan, se-perti yang banyak diajarkan dalam pelatihan-pelatihan penginjilan yaitu penginjilan selalu dimu-lai dengan sebuah pertanyaan, “Kemana Anda setelah mati?” Paulus dengan lihai menggunakan cara yang sangat kontekstual dan yang mudah dimengerti dalam konteks pendengarnya. Sebagai pemberita Injil harus jeli dalam melihat strategi-strategi tertentu yang bisa diterapkan agar pesan itu mudah dicerna dan dimengerti oleh pendengarnya, harus kreatif, inovatif, dan mampu melihat dari banyak perspektif.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar