Bahan
Sermon Parhalado HKBP Dukuh Kupang Ressort Surabaya
Rabu , 23 Agustus 2013, Nas : Kisah Oaras Rasul 17
: 22 – 28
---------------------------------------------------------------------------------------
“TU DEBATA NA SO TINANDA”
(Ulaon NI Apostel 17:16-34)
PATUJOLO
Paulus ima sada sian angka Apostel ni Kristus na mansai berpengaruh di Padan Na
Imbaru lumobi di perkembangan dan pertumbuhan ni huria na parjolo. Sebagian
besar angka surat tongosan na adong di Padan na
Imbaru I ima surat
na sian Apostel Paulus. Wajar do I tutu, molo taida latar
belakang ni Apostel i. Sada halak na
pistar do Ibana jala berpendidikan, dididik do ibana di sada parsikkolaan na di
Tarsus sian tano kilikia dibawah
pengasuhan dan ajaran sian sada Guru Besar (sian golongan Sanhenddrin) na margoar
Gamaliel. Borhat sian pendidikan dohot pengalamanna i do tutu umbahen na
songoni “luar biasa” apostel i di tingki na mamaritahon barita nauli i.
Diantusi ibana do boa cara-car mengkontektuaisasihon barita nauli tu jaman
dohot budaya ni pendengar.
LATAR BELAKANG KEHIDUPAN MASYARAKAT ATENA
Atena ima sada huta naung tarbarita sian mulana. Digoari do huta on songon tu huta ni angka filsuf. isarana Sokrates,
Plato, Aristoteles, Zeno, Phytagoras, Heraklitos, Permanindes, Thales,
dohot angka na asing dope. Sehingga tidak salah jika ada yang memberi komentar
atau gambaran mengenai kota Atena yaitu sebagai “a great univer-sity
city.” Selain terkenal sebagai kota cendikiawan, Atena juga terkenal
sebagai rahim tempat lahirnya sebuah sistem yang sangat terkenal dan dipakai
oleh banyak negara dalam pemerintahannya sampai sekarang, yaitu demokrasi. Kemajuan berpikir membuat mereka
berkeyakinan bahwa semua orang punya pemikiran. Setiap orang berhak
mengutarakan pemikiran itu dan setiap orang berhak juga untuk mendengarkannya.
Di masa ni Apostel Paulus, huta Atena ima sada bagian na masuk tu imperium
Romawi na ditakluhon nasid di taon 146 sM, alani do tong pengaruh romawi tung
mansai kental di di huta on.
Hal na
menarik na boi jumpang di tingki I pe sian huta Atena on ima songon naung
pinaandar ni Apostel Paulus “kota
itu penuh dengan patung-patung berhala” (Kis 17:16). Sada indikasi do on na
patuduhon ia masyarakat manang penduduk kota
Atena ima masyarakat na memiliki tingkat spiritualitas dohot hidup kerohanian na
timbo. Pemujaan na pinatupa nasida tu godang dewa-dewa ima sada gombaran
pengakuan dohot ketakutan nasida tu ragam ni hagogogon na diluar nasida.
Dipatupa nasida langgatan pameleon tu saluhut angka dewa-dewa songoni nang tu
“Dewa na so tinanda” (ai tagamon nasida do adong Debata tutu (manang na ise pe
i) na so tinanda nasido). Manghirim nasida di pasu-pasu ni angka dewa jala
manghirim nasida angka dewa-dewa I paholang nasida sian ragam nib ala dohot
bencana.
TU DEBATA
NA SO TINANDA
Kisah Apostel Paulus di huta Atena ima sada kisah na sinurat ni si Lukas na
martudu-tudu tu pardalanan na paduahalion ni apostel marbaritahon barita nauli.
Ia haroroni ni Apostel i di huta Atena ima ala pangaleleon na binahen ni halak
Yahudi tu tim misi ni Apostel i di huta
Tesalonika. Dibaritahon apostel i do barita naulis di Tesalonika, goang do
halak na porsea jala mangihuthon “Dalan ni Tuhan” alai sebalikna sogo ma roha
ni angka halak Yahudi. Dilele nasida ma si Paulus, dungi bingkas ma si
Paulus tu Berea. Di Berea pe adong do na porsea di barita nauli na binoan ni
Apostel i dohot angka dongannna si Silas dohot si Timotius. Alai sahat do tong
barita i tu angka halak Yahudi na di Tesalonika pola do ro nasida
mangalele apostel i sahat tu Berea. Alai
ala dibege Apostel i naung ro angka halak Yahudi i tu Berea laho manangkup laos
mamunu ibana, hombar tu angka saran ni
dongganna, bingkas ma ibana muse tu Atena, disi ma Ibana paimahon si Silas
dohot si Timotius na manguduti panghobasion marbarita nauli di Berea.
Alkitab mencatat, “Sementara Paulus menantikan mereka di
Atena…” (ay. 16a), “mereka” dalam ayat ini mengacu kepada Silas dan
Timotius.
Dalam penantiannya, Paulus melihat bahwa kota Atena
dipenuhi dengan patung-patung berhala. On ma na mambahen targitik rohana
marhida huta i, (“he was greatly
distressed ” Terjemahan bebasnya adalah “dia mengalami kesusahan atau kesedihan
yang sangat mendalam.) Boi dohonon do ia kesedihan na nialamanna ima kesedihan
na borhat sian dorongan na positip asi rohana marnida bangso i (halak Atena i)
ala ”lilu nasida” manomba godang gana-ganaan, kesedihan na mendorong (disertai
hasrat na membara) naeng segera mambaritahon barita haluaon i tu halak Atena.
Songon naung dihasomalhon ibana (laos sada strategi
penginjilanna) ima manang tu dia pe ibana mamungka penginjilan, na parjolo na
didapothon ibana ima ”parpunguan/parguruan halak Yahudi” songoni do nang
di Atena. alai ndada holan i na didapothon ibana, khusus di Atena laho do Ibana
tu onan (pasar) ima sada inganan parpunguan ni torop halak laho patupa angka
diskusi, pasahat angka hata manang barita na boi diperdebathon. Onan dison ima
Agora ( inganan ni angka cerdik cendekiawan laho patoranghon pemahaman
’filosofisna” tu sada-sada hal na imbaru, manang paandarhon ”teori-teori” na
baru la layak ditangihon jala dibegehon tu
torop halak. (Sada inganan na gabe wadah argumentasi dan debat para
filsuf-silsu dan kaum cerdik cendekiawan).
Alkitab mencatat bahwa orang-orang yang sering berkumpul disana adalah
orang-orang yang berasal dari golongan Epikuros dan Stoa. Orang-orang dari golongan inilah
yang sering bertanya jawab dengan Paulus (ay. 18). Mereka menyebut Paulus
dengan sebutan ‘si peleter” (sijubajabi). Perlu dipahami bahwa sebutan ini
adalah sebuah ejekan mereka terhadap Paulus karena “peleter” berarti orang yang
berlagak tahu. Mereka mengatakan bahwa Paulus adalah orang yang meng-ajarkan
dewa-dewa asing sebab Paulus mengajarkan tentang Injil Kristus.
Kelompok Epikuros, ima sada kelompok na pinajongjong
ni sahalak na margoar Epikurus na tubu di
Samos (341-271 SM). Sahalak filsuf na mangajarhon taringot tu Etika laho
mambahen asa dapotan ngolu na sonang. Inti ajaran filososfi ni kelompok
epikurus on ima pernyataan na mandok “ndang
adong sian na adong I na ro sian na so adong jala ndang adong sian naung adong
I na gabe so adong muse” (“tidak ada sesu-atu pun yang ada yang ditimbulkan
oleh sesuatu yang tidak ada dan tidak ada sesuatu yang ada yang kemudian musnah
menjadi tidak ada.” ) implikasi haporseaon ni kelompok on ima pemahaman na so
manghaporseai na dong do hangoluan dung hamatean. Na so manghaporseai
penghakiman akhir. Ai didok nasida do molo naung mate jolma I, ndang
aeon ni jolma I be manang aha, nang las ni roha nang panguhuman. Alani do
tujuan ni ngolu ima Hedone : ima kondisi dimana ter-cipta harmoni antara tubuh
dan jiwa, dimana batin tenang dan tubuh sehat. Hal ini hanya bisa tercapai jika
keinginan dipuaskan, sehingga keinginan akan menjadi semakin sedikit dan menuju
ketiadaan keingian. Epikurus menambahkan bahwa semakin sedikit keinginan maka
akan semakin besar kebahagiaan. Karena kinginannya semua tercapai. Hidup adalah
kenikmatan.
Kelompok Stoa, Didirikan oleh Zeno dari
Citium di Siprus (336-264 SM). Ia mengajar di gang di antara tiang-tiang
(yun. stoa poikilia) dan dari sinilah asal kata nama golongannya yaitu
golongan Stoa. Pandangannya sangat materialistis, sehingga dia
menolak segala sesuatu yang imaterial, yaitu menganggap yang imaterial itu
tidak ada. Zeno percaya akan adanya Tuhan, namun dia mengatakan bahwa Tuhan itu
adalah bersifat materi. Zeno mengatakan bahwa Tuhan adalah pen-cipta dari alam
semesta. Seiring waktu Dia akan terkorupsi dan kondisi ini menyebabkan Dia
sudah tidak menjadi Tuhan lagi. Kekuatannya yang besar terserap dalam
segalanya. Sehingga, Allah yang material itu identik dengan alam.Menurut Zeno,
dunia ini dikuasi oleh logos yaitu akal dan rasio ilahi.
Dalam logos inilah terdapat tata tertib dunia, mengatur segala
sesuatu pada tujuan, dan segalanya takluk pada
hukum logos. Jiwa adalah sesuatu yang bersifat materi
juga bagi Zeno. Inilah yang mendasari dia deng-an mengatakan bahwa jiwa adalah
pusat dari tubuh manusia. Jika jiwa mati, maka jiwa akan larut ke dalam jiwa
semesta.
Marhite pemaparan ajaran i tangkas ma tutu na sso
dihaporseai kelompok filsuf na dua (kelompk filsuf na paling terkenal di tingki
i) ima pengajaran taringot tu kehidupan setelah kematian, pengajaran tentang
adanya kebangkitan setelah kematian, dan adanya penghakiman setelah
kematian.
Kegiatan tukar pikiran yang sering dilakukan Paulus
di agora ternyata membawa dampak dalam kehidupan masyakrat Atena
ketika itu. Hal ini terlihat ketika Paulus akhirnya diundang ke Areopagus untuk
mempresentasikan pemikiran atau Injil yang disampaikannya (ay. 19). Aeropa-gus
adalah sebuah tempat yang disiapkan khusus untuk membicarakan hal-hal penting
yang ber-kenaan dengan topik-topik seperti ilmu politik, masalah-masalah
sosial, kebudayaan, filsafat,dsb. Tertarik nasida laho pabagashon imformasi na
imbaru na binoan ni Apostel Paulus on patuduhon gombaran ni masyarakat Atena na
selalu haus akan pengetahuan yang baru. Orang-orang di Atena memang senang dan menghabiskan banyak
waktu untuk mende-ngar segala jenis pengajaran yang baru (ay. 20-21). Mereka
rela meninggalkan pekerjaan sehari-hari demi mendengar orang memperdebatkan
hal-hal baru mengenai filsafat atau ajaran agama tetentu. Konon katanya,
dikarenakan “hobi” mereka yang satu ini, pemerintah yang berkuasa atas mereka
mengalami kesulitan karena semua kegiatan harus diliburkan jika ada
perdebatan di Ar-eopagus, sehingga hal ini membawa dampak pada sektor ekonomi
dan tentunya akan merembes pada sektor-sektor yang lain.
Kis 17:23-31 bercerita tentang apologetika Paulus kepada
orang-orang di Atena. Dia me-mulai dengan menyanjung orang-orang Atena sebagai
orang-orang yang religius (ay. 22). Strategi Paulus berikutnya adalah dia
menggunakan salah satu patung atau altar yang terdapat di Atena yang di atasnya
bertuliskan “kepada Allah yang tidak dikenal” (ay. 23). Don Richardson
me-maparkan penjelasan yang menarik tentang kisah dibalik altar “kepada Allah
yang tidak dikenal” ini. Konon katanya dalam peradaban Atena kuno, pernah
terjadi wabah penyakit yang sangat dahsyat. Dalam kepercayaan mitologi Atena kuno, ini merupakan
sebuah pertanda bahwa para dewa di khayangan sedang marah karena manusia lalai
dalam memberi persembahan. Namun mereka sama sekali tidak tahu dewa mana yang
sedang marah kepada mereka, sehingga mereka memutuskan untuk memberi
persembahan kepada semua dewa yang ada di Atena ketika itu. Se-telah memberikan
persembahan, justru yang terjadi adalah yang sebaliknya, wabah penyakit sama
sekali tidak berhenti. Hal ini membuat mereka bertanya-tanya, “Dewa mana lagi
yang be-lum diberikan persembahan?” Hal ini membuat mereka bertanya kepada
peramal (oracle), na-mun tidak satu pun yang tau penyebabnya. Hingga akhirnya
mereka memutuskan untuk bertanya kepada peramal lain yang berada di Knossos , bernama
Epimenides. Ketika mereka menanyakan hal ini kepadanya, Epimenides menjawab,”
…..a god whose name is unknown to us…. Keesokan paginya, Epimenides
memerintahkan agar disediakan domba untuk dipersembahankan kepada Allah yang
tidak dikenal itu. Singkat cerita, wabah itu pun berhenti. Altar itu diberi
nama sebutan Ἀγνώστῳ θεῷ sampai ketika paulus datang ke Atena.
Paulus menggunakan ketidakmampuan orang-orang di Atena untuk mengenal Allah
se-bagai jembatan untuk memperkenalkan Allah yang sejati kepada mereka. Paulus
setidaknya memberikan empat argumentasi tentang Allah:
» Allah
sebagai pencipta (ay. 24).
» Allah
yang tidak kekurangan apa-apa, sehingga tidak perlu dilayani manusia. (ay. 25).
» Allah
yang dekat dan sebagai penyebab kehidupan (ay. 27-28).
» Allah
bukan materi (ay. 29).
Terlihat
jelas gaya
Paulus dalam menyebarkan ajarannya sangatlah berbeda jika dia mengajar pada
sebuah komunitas yang memiliki latar belakang Yahudi atau torah. Orang Atena
sama se-kali tidak memiliki latar belakang ini, sehingga pendekatan yang
dilakukan Paulus adalah dengan mengadopsi gaya pemikiran mereka sendiri, yaitu
dengan mengutip pandangan mereka tentang yang ilahi (lih. ay. 24-29), yaitu
sebagai pencipta dan pemelihara. Untuk menjelaskan ini Paulus mengutip langsung
pujangga Yunani yaitu Epimenides dan Aratus yang mengatakan, “Ia tidak jauh
dari kita masing-masing.” Paulus menggunakan pendekatannya dengan
menggunakan pendekatan commond ground sebagai jembatan agar orang Atena
paham dengan apa yang akan dipaparkan oleh Paulus berikutnya. Sampai disini
pemberitaan Paulus menjadi sangat menarik.
Namun
ketika ia kemudian berbicara tentang Yesus yang mati dan dibangkitkan dari
kematian, ketika Paulus mengajarkan ada ada kehidupan setelah kematian dan ada
penghakiman setelah kematian. Dua pokok pikiran ini sa-ngat
bertentangan dengan konsep pemikiran kaum Epikurus dan Stoa yang sama-sama
tidak mempercayai hal itu, yakni adanya kehidupan setelah kematian. Inilah yang
membuat orang-orang di Atena memberikan respon negatif (mengejek) terhadap
ajaran Paulus dengan meng-atakan, “Lain kali saja kami mendengar engkau
berbicara tentang hal itu.” (ay. 32). Hanya sedikit orang yang mau percaya
kepada ajaran Paulus yaitu Dionisius, anggota majelis Areopagus, dan seorang
perempuan bernama Damaris, dan juga orang-orang lain bersama-sama dengan
me-reka (ay. 33).
APLIKASI DAN PESAN PAULUS BAGI PEMBACA MASA KINI
Dari kisah perjalan misi kedua Paulus di Atena, yaitu ke kota para intelektual,
dimana dia berjuang untuk memberitakan Injil Kristus kepada orang di sana, ada
tiga hal yang bisa dipelajari dari teladan Paulus yang bisa diaplikasikan,
khususnya bagi playanan kita masa kini dan kehidupan jemaat masa kini.
1. Senantiasa Beritakan
Injil
Paulus tidak pernah berhenti untuk memberitakan Injil
walaupun dia sedang dalam pelarian karena dikejar-kejar. Dia memang tidak
menantang bahaya karena ia tidak mau mati sia-sia, ia menghindar namun tidak
untuk bersembunyi dan berhenti. Ia menghindar dan pergi meninggalkan Tesalonika
karena waktunya di tesalonika adalah akan sia-sia dan terbuang sementara
jiwanya terancam. Ia pergi ke Berea lalu ke Atena disitu ia bisa berguna dan
tetap memberitakan injil Kristus.
2. Strategi
Penginjilan
Kita harus mempunyai startegi di dalam penginjilan.
Strategi itu tidak hanya satu dan sering tergantung situasi dan kondisi
lingkungan atau masyarakat setempat. Oleh karena itu kita memang harus menjadi
orang yang bijaksana dan fleksibel di dalam prinsip (tidak kaku)namun tidak
boleh kompormi ke pada ketidak benaran.
Dari teladan Paulus, bisa dipelajari bahwa strategi penginjilan bukanlah sebuah
strategi yang kaku, yang harus terpaku dalam sebuah cara, atau sebah cara baku
yang diseragamkan, se-perti yang banyak diajarkan dalam pelatihan-pelatihan
penginjilan yaitu penginjilan selalu dimu-lai dengan sebuah pertanyaan, “Kemana
Anda setelah mati?” Paulus
dengan lihai menggunakan cara yang sangat kontekstual dan yang mudah dimengerti
dalam konteks pendengarnya. Sebagai pemberita Injil harus jeli dalam melihat
strategi-strategi tertentu yang bisa diterapkan agar pesan itu mudah dicerna
dan dimengerti oleh pendengarnya, harus kreatif, inovatif, dan mampu melihat
dari banyak perspektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar